Keuntungan Trading Emas Online

By on 6 Agustus 2015 | Artikel ini Sudah di baca 590 kali

Investasi Emas – Pada dasarnya trading emas online hanya satu dari tiga model investasi emas yang ada. Adapun dari ketiga model yang ada tersebut antara lain adalah sistem gadai syariah, sistem jual beli emas secara fisik yang menggunakan model antam serta trading emas melalui sistem online. Gadai syariah akan membutuhkan biaya yang sangat mahal, dimana biaya gadai emas yang dikakukan di Bank Syariah mencapai Rp 150 per gram pada setiap harinya. Dengan demikian jika Anda melakukan investasi 300 gram emas perhari setidaknya akan membutuhkan dana sebesar Rp 45.000.

Sementara untuk jual beli emas secara fisik antam kelemahannya terlihat ketika harga emas sedang mengalami penurunan. Ketika Anda ingin membeli emas, maka informasi yang Anda dapatkan stok emas sedang habis. Sedangkan ketika harga emas sudah sangat tinggi secara tiba-tiba stok langsung melimpah.

Untuk yang terakhir tentu saja yaitu trading emas melalui sarana online. Model yang satu ini Anda di haruskan untuk membeli kontrak emas melalui broker, maka dari itu emas fisiknya juga disimpan di tempat yang berbeda yaitu oleh Bullion Association (London). Harga emas pada trading online lebih mengikuti New York Merchantile Exchange yang merupakan pasar komoditas emas paling besar di dunia. Trading memiliki biaya titip yang jauh lebih murah, bahkan harganya selalu up to date serta tidak rumit, lebih menyenangkannya lagi Anda dapat melakukan trading sewaktu-waktu dari rumah.

Dari ketiga model tersebut, menurut banyak penilaian trading online emas merupakan yang paling praktis. Akan tetapi Anda perlu berhati-hati ketika memilih broker. Jika menggunakan broker lokal di Indonesia, maka biasanya akan membutuhkan modal yang sangat besar (minimal mencapai Rp 50an juta) dan jika Anda menggunakan broker dari luar negeri biasanya Anda dapat menggunakan modal yang jauh lebih sedikit selama dana Anda juga sama amannya, namun Anda harus berhati-hati jika menggunakan broker asing karena Anda tidak akan dilindungi oleh pemerintah atau bappebti.

Keuntungan Trading Emas Secara Online

1. Minimal melakukan deposit IDR 5 juta.
2. Transaksi nilai emas (USD/ XAU) akan berjalan selama kurun waktu 24 jam.
3. Emas yang diperjual belikan dijamin Bank yang ada di London dengan emas fisik yang juga disimpan di Londong.
4. Tersedia layanan analisa mengenai pergerakan harga emas yang selalu diupdate setiap hari.
5. Untuk deposit maupun withdrawal dapat Anda lakukan kapan saja selama 24 jam dari Senin hingga Jumat.
6. Harga emas akan mengikuti patokan mengenai harga yang berlaku di New York Commodity Exchange sebagai pusat perdagangan emas dunia yang artinya ini tidak akan direkayasa dan sangat fair.

Persamaan Dengan Gadai Emas

Jika Anda sudah terbiasa menggadaikan emas, pastinya Anda dapat melihat adanya perbedaan dari trading online dengan gadai emas:
1. Emas yang digunakan atau diperjual belikan dalam bentuk fisiknya memang ada.
2. Biaya administrasi dari gadai emas serupa dengan biaya dari komisi trading online.
3. Spread jual beli dari gadai emas juga ada di spread jual beli dalam trading online.
4. Biaya titi gadai hampir sama dengan swap, akan tetapi swap memang tidak dihitung ketika Anda melakukan closing sebelum adanya penutupan market di sore hari (USA).

Tips Melakukan Trading Emas Secara Online

Jika Anda memutuskan mencoba trading emas online atau yang sudah terlebih dahulu terjun dalam model investasi ini sangatdisarankan untuk bisa bermain santai serta hanya menggunakan 0,1 lot ( 1 lot mini).