Keuntungan Menggunakan Chart Candlestick Dibandingkan Chart Bar

By on 10 September 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.181 kali
Bar Chart & Candle Stick

Investasi Forex – Walaupun banyak juga pengguna grafik bar, dewasa ini grafik candlestick telah menjadi grafik favorit mayoritas trader di dunia, utamanya bagi mereka yang memilih melakukan trading di depan komputer. Di bawah ini adalah tiga keuntungan utama dari grafik candlestick dibandingkan dengan grafik bar.

1. Grafik candlestick jauh lebih “cepat secara visual” dari grafik bar. Setelah Anda terbiasa dengan chart candlestick, jauh lebih mudah untuk melihat apa yang telah terjadi untuk jangka waktu tertentu baik itu satu menit, satu jam, satu hari atau satu minggu.

Dengan grafik bar Anda perlu mental yang tangguh mengisi price action. Anda perlu mengatakan kepada diri sendiri, “tick kiri mengatakan di mana kita akan melakukan open position, tick tepat di mana akan melakukan close. Sekarang aku lihat hal itu sepanjang hari.” Dengan grafik candlestick, hal tersebut telah dilakukan untuk Anda. Anda dapat menghabiskan banyak energi Anda pada analisis, tanpa mencari tahu apa yang terjadi dengan harga.

2. Dengan candlestick Anda dapat melihat tren lebih cepat dengan mencari mana sajakah candlestick yang jelas atau berwarna. Dalam waktu ketika sedang terjadi tren, Anda dapat dengan mudah mengatakan apa yang sedang terjadi dengan mata uang asing dalam jangka waktu tertentu. Candlestick membuat Anda lebih mudah membidik range waktu yang berbeda-beda.

Sebuah candlestick besar menunjukkan sesuatu yang “dramatis” yang terjadi pada hari perdagangan. Range kecil sehari menunjukkan mungkin ada konsensus relatif pada harga mata uang. Ketika kita membidik range hari yang luas misalnya 1 bulan, kita  harus juga memeriksa volume untuk hari itu. Apakah ada volume yang tidak biasa? Apakah hal tersebut berarti terjadi peningkatan  50% lebih tinggi dari volume normal? Apabila memang demikian, sangat mungkin bahwa range hari yang luas mungkin sedang mengatur irama untuk sekian hari sesudahnya.

3. Paling penting, candlestick sangat penting untuk membidik pembalikan arah atau yang lazim disebut reversal. Pembalikan ini pada umumnya bersifat  jangka pendek, suatu kebetulan yang memang dicari oleh para trader. Ketika kita berbicara analisis teknis tradisional tentang reversal, biasanya mengacu pada formasi yang terjadi dalam periode waktu yang lama. Pola reversal yang tipikal adalah double top dan head and shoulders. Menurut definisi, hal ini melibatkan smart money dalam mendistribusikan valuta asing kepada para trader naif dan biasanya terjadi selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Candlestick, bagaimanapun juga merupakan chart yang  mampu secara akurat menggambarkan dengan tepat perubahan tren yang terjadi pada akhir setiap ayunan di pasar dalam jangka pendek. Jika Anda memperhatikan dengan cermat, chart candlestick sering memperingatkan Anda tentang perubahan yang akan datang.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.