Keuntungan Investasi Saham Bagi Para Pemegang Saham

By on 2 Desember 2015 | Artikel ini Sudah di baca 546 kali

Investasi Saham – Keuntungan investasi saham pada dasarnya cukup banyak, oleh karena itu banyak masyarakat yang ingin mengikuti investasi saham itu sendiri. Pada dasarnya setiap investasi sendiri tentu saja dihadapkan dengan keuntungan serta kerugiannya. Namun keuntungan dan juga kerugian tersebut akan berbeda dari setiap instrument investasi yang memang Anda pilih, misalnya saja mulai dari investasi yang memang minim akan resiko namun keuntungan yang dihasilkan kecil sampai dengan investasi dengan resiko kerugian besar namun jika memang di dalam menjalankannya lancar maka keuntungan yang didapatkan bisa dibilang besar. Oleh karena itu jika memang Anda ingin mengikuti investasi saham, maka Anda juga perlu untuk mengetahui dasar – dasar dari investasi saham itu sendiri karena dengan hal tersebut tentu saja nantinya di dalam menjalankan investasi saham tersebut akan dapat menghindari resiko kerugian. Namun pada dasarnya yang terpenting di dalam menjalankan investasi saham itu sendiri adalah tepat dalam memilih saham, kemudian juga kemauan untuk belajar dan berusaha serta memiliki kepercayaan diri untuk mencoba dan menjalankan investasi saham itu sendiri.

Mendapatkan Capital Gain

Mencoba investasi saham sendiri memang bisa dibilang menguntungkan dan juga merugikan, namun jika dijalankan secara serius serta memiliki pemahaman yang baik tentu saja akan mendapatkan keuntungan. Dan untuk keuntungan yang pertama adalah akan bisa mendapatkan capital gain. Capital gain sendiri merupakan selisih antara harga jual dan juga harga beli dari saham. Harga jual lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga belinya, dan selisih tersebut bisa terjadi karena munculnya aktivitas sekunder yang mana terjadi pada luar pasar Anda. Misalnya saja jika Anda membeli satu saham dari sebuah perusahaan dengan harga Rp 4.000,-, kemudian Anda menjualnya kembali dengan harga Rp 4.500,- maka keuntungan yang Anda dapatkan adalah Rp 500,-. Dan hal tersebut yang disebut dengan capital gain. Pemodal yang mana mengambil keuntungan dari capital gain tersebut biasanya berorientasi pada investasi jangka pendek sehingga mereka hanya mengejar keuntungan dalam beberapa hari saja. Namun keuntungan dari saham sendiri tidak selalu berupa capital gain, karena ada kalanya terpaksa harus dijual dengan harga yang lebih rendah.

Mendapatkan Dividen

Kemudian yang kedua adalah mendapatkan deviden, deviden sendiri merupakan keuntungan dari sebuah perusahaan yang mana dibagikan pada pemegang saham. Keuntungan tersebut diberikan pada saat rapat umum pemegang saham. Biasanya keuntungan ini dibagikan kepada pemilik saham dengan bentuk uang tunai yang berdasarkan jumlah saham atau bisa juga berupa dividen stock yaitu menggantikan keuntungan dengan penambahan jumlah saham. Namun memang tidak semua keuntungan dari perusahaan dibagikan kepada pemegang saham, karena sebagian dari keuntungannya juga digunakan untuk berinvestasi dan juga pengembangan dari perusahaan. Pemberian dividen tersebut juga ada yang diberikan rutin di setiap tahunnya ada pula yang tidak.

Memperoleh Saham Bonus

Selain itu bisa juga mendapatkan saham bonus, memang tidak semua perusahaan akan memberikan saham bonus kepada pemegang saham, saham bonus ini juga merupakan saham yang mana dibagikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham yang mana diambil dari agio saham. Agio saham sendiri adalah selisih antara harga jual terhadap harga normal pada saat perusahaan yang mana melakukan penawaran umum di pasar perdana. Dan saham bonus ini juga bisa menjadi salah satu daya tarik bagi para pemegang dan juga pembeli saham itu sendiri. Selain itu masih ada banyak lagi keuntungan yang lain, namun beberapa hal tersebut bisa dibilang menjadi hal yang biasa didapatkan dari keuntungan investasi saham.