Keuntungan Investasi CFD Dibandingkan Investasi Saham

By on 14 Maret 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.964 kali
CFD-Trading

Keuntungan Investasi CFD Dibandingkan Investasi Saham

Investasi Saham – Pada dasarnya, membeli CFD sama saja dengan membeli sebuah saham. Hal ini dikarenakan CFD adalah produk ‘derivatif’ dari saham, yaitu dimana kita hanya memperjual-belikan nilai kontrak dari saham. Jadi dapat dikatakan jika CFD dan saham sama. Namun tetap saja, ada perbedaan yang mendasar antara keduanya dan bahkan bisa dikatakan keuntungan investasi CFD dibandingkan investasi saham lebih besar.

Beberapa keunggulan dari transaksi CFD yang perlu Anda ketahui, antara lain adalah sebagai sarana hedging atau diversifikasi investasi dari berbagai saham fisik, tidak adanya pemotongan pajak dalam pembagian dividen (berbeda dengan transaksi saham), liquiditas tinggi, dan masih banyak lagi. Untuk bisa mengetahui lebih banyak lagi mengenai keuntungan investasiCFD dbandingkan investasi saham, mari kita bandingkan perbedaan antara keduanya.

Modal

Keunggulan awal dari CFD adalah dari modal yang diperukan. Misalnya saja, Anda ingin membeli saham A sebanyak 100 lembar di perdagangan saham fisik. Jika harga saham tersebut per lembarnya adalah $10, maka modal yang harus Anda keluarkan adalah 100 x $10 = $1,000. Sementara dalam perdagangan CFD, ada fasilitas yang dinamakan leverage sebanyak 5% untuk modal yang dikeluarkan, yaitu $50. Dapat dikatakan jika modal yang diperlukan menjadi jauh lebih kecil.

Kemudian saham A naik, sehingga bisa dijual dengan harga $11 per lembar. Keuntungan yang didapat adalah sebesar $1 per lembar. Karena Anda membeli 100 lembar, maka keuntungan yang didapat adalah 100 x $1 = $100.

Dengan bertransaksi saham fisik dengan modal $1000 dan keuntungan $100, profit yang didapatkan hanyalah 10% dari modal. Sedangkan ketika bertransaksi di perdagangan CFD dengan modal $50 dan keuntungan $100, dapat dikatakan jika Anda untung sebesar 200%.

Short-Selling yang Bebas

Biasanya, praktek Short-Selling (menjual atau membeli saham terlebih dahulu) akan sangat sulit untuk dilakukan di bursa saham. Semuanya dibatasi dengan peraturan dan juga biaya yang cukup mahal. Bahkan untuk Bursa Efek Indonesia, transaksi ini sudah dilarang. Sedangkan dalam bursa CFD, Short-Selling masih bisa dilakukan dengan bebas, sehingga kesempatan Anda bisa meningkat dalam pasar bearish maupun bullish.

Bebas Antrian

Di CFD, sama sekali tidak ada antrian karena Anda bisa bertransaksi dengan bebas secara online. Berbeda dengan ketika Anda harus membeli saham fisik yang harus membuat Anda rela berdesakan ‘mengantri’.

Tidak Ada Kepemilikan

Pada perdagangan saham di negara-negara tertentu, terdapat biaya materai dan hak voting. Sedangkan semua itu tidak terdapat di bursa CFD karena tidak adanya unsure kepemilikan perusahaan dalam transaksi CFD.

Itulah rincian dari keuntungan investasi CFD dibandingkan investasi saham yang perlu Anda ketahui sebelum memulai berinvestasi. Semoga bermanfaat.