Keluhan THR dan Tips Cermat Menggunakannya

By on 14 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.735 kali
THR

Tunjangan Hari Raya (THR) adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu bagi mereka yang bekerja di suatu perusahaan. Memang, THR diperlukan untuk menutupi kebutuhan yang meningkat karena Lebaran.

Namun, banyak orang masih berkeluh walau sudah menerima THR. Ini dia keluhan paling umum soal THR, berserta penjelasan bagaimana menangani keluhan tersebut.

Kurang banyak

Berdasarkan aturan, mereka yang sudah bekerja lebih dari satu tahun berhak menerima satu kali gaji. Asal jumlah THR Anda sesuai dengan aturan yang berlaku, maka sebenarnya tidak ada kesalahan dalam angka THR Anda.

Bisa jadi, THR terasa pas-pasan, bahkan tidak cukup, karena Anda tidak membuat rencana keuangan. Anda seharusnya mencatat hal-hal yang ingin dibayarkan dengan THR, termasuk tiket pulang kampung. Tentunya, Anda harus mencocokan rencana dengan besaran THR. Jika ada pengeluaran yang bisa ditekan atau dicoret, lakukan itu.

Dengan demikian, THR Anda cukup untuk menutupi semua kebutuhan dan yang penting.

Cepat habis

THR Anda sepadan dengan gaji satu bulan dan tidak seharusnya Anda menghabiskan keseluruhan gaji hingga tak bersisa dalam satu minggu. Ini sama dengan THR.

Tapi jika ini terjadi dengan Anda, ini artinya bahwa memang perencanaan keuangan Anda buruk. Anda harus memikirkan bahwa hidup akan lanjut terus setelah Lebaran. Oleh sebab itu, jangan hanya memperhitungkan pengeluaran berkaitan dengan Lebaran, tapi juga pengeluaran pasca Lebaran seperti membayar pendidikan anak-anak Anda ketika tahun ajaran baru dimulai.

Dikasihnya telat

Ini memang menjengkelkan karena Anda sudah harus setidaknya booking tiket di muka. Siasatnya adalah gunakan tabungan Anda dulu, dan fokus mengunakan dana dari tabungan Anda untuk membeli hal-hal penting, seperti tiket.

Jika Anda memiliki kartu kredit, maka Anda bisa menagihkan belajaan ke kartu Anda dulu.

Sisi baik dari menerima THR telat adalah Anda akan mengerem pembelanjaan Anda. Anda pun tidak harus khawatir tidak bisa membeli pakaian baru. Toko-toko besar biasanya mengadakan diskon hingga Lebara berakhir.

Hilang tanpa jejak

Anda merasa THR menguap entah kemana? Maka itu, Anda harus mencatat semua pengeluaran Anda.

Terlebih lagi, jika Anda ingin sesuatu yang lebih “kelihatan” dibanding memberi salam tempel ke anak-anak di keluarga Anda, seharusnya Anda membeli barang investasi seperti emas. Membeli barang dengan nilai investasi akan membuat THR Anda “terasa” dan lebih dari itu, bisa menjadi pegangan Anda di masa depan.

 

Sumber: www.HaloMoney.co.id

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.