Kelebihan Investasi Emas

By on 21 April 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.070 kali
Harga Emas

Kelebihan Investasi Emas

Investasi emas terdapat beberapa jenis. Perbedaan jenis investasi ini berdasarkan jenis emas yang akan diinvestasikan. Pada umumnya emas yang akan diinvestasikan ada beberapa jenis antara lain emas batangan, tabungan emas, koin emas, reksadana dengan bekerjasama dengan perusahaan pertambangan emas, membeli kontrak berjangka komoditi emas, dan sertifikat emas. Namun sebagian besar orang akan lebih mantap jika mereka berinvestasi emas dalam wujud nyata seperti emas batangan, koin emas, dan bahkan perhiasan emas. Untuk mengetahui lebih lanjut kelebihan berinvestasi pada emas, mari kita simak informasi berikut ini.

Kelebihan investasi emas yang pertama adalah nilai emas yang cenderung stabil. Nilai emas akan selalu stabil atau tidak berubah ketika suatu negara sedang mengalami inflasi. Kerena nilai emas cenedrung stabil pada saat perekonomian suatu negara sedang inflasi, emas sering disebut sebagai zero inflasi effect karena memang nilai emas tidak terpengaruh oleh inflasi. Oleh karena itu, jarang sekali kita mendengar bahwa harga/ nila emas turun. Salah satu faktor mengapa harga/ nilai emas cenderung stabil adalah karena komoditi emas di dunia tidak bisa bertambah atau berkurang (tetap) hanya mengalami perputaran saja.

Kelebihan investasi emas yang kedua adalah harga/ nilai emas di dunia akan dipatok berdasarkan nila US dollar. Oleh karena itu seseorang yang berinvestasi emas ketika nilai kurs US dollar sedang tinggi, maka dia akan memperoleh double keuntungan yaitu keuntungan tingginya nilai US dollar yang diperoleh serta naiknya nilai emas yang dia miliki. Dan kelebihan yang ketiga adalah emas merupakan bentuk investasi harta yang awet. Berbeda dengan investasi uang yang secara fisik tidak boleh terlipat, rusak, dan lama (karena akan mempengaruhi nila mata uang), emas bisa disimpan dalam kurun waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan.

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.