Ke Mana Menginvestasikan Emas Batangan

By on 3 April 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.853 kali
Emas Batangan

Ke Mana Menginvestasikan Emas Batangan

Investasi Emas – Emas dapat berfungsi sebagai pelindung nilai uang dari inflasi. Oleh karena itu nilai emas berkaitan erat dengan nilai Dollar Amerika. Ketika Dollar Amerika yang notabene sebagai kiblat fluktuasi mata uang asing melemah, para investor Dollar Amerika akan berbondong-bondong memindahkan investasi mereka ke emas. Hal ini lantaran daya tahan emas yang sekalipun ada kemungkinan terkena dampak fluktuasi Dollar Amerika, namun jauh lebih stabil dibandingkan investasi pada mata uang asing. Akan halnya menanamkan investasi di bidang properti, melakukan investasi logam mulia dalam jangka panjang sangatlah menjanjikan.

Secara fisik, Anda dapat berinvestasi emas dalam bentuk emas batangan yang disimpan sendiri. Untuk menghindari penipuan bahwa emas batangan tersebut layak diperjualbelikan sesuai harga market, emas batangan tersebut wajib disertai drngan tanda keabsahan berbentuk sertifikat. Dewasa ini di Indonesia bahkan beredar emas batangan bersertifikat namun tidak laku diperdagangkan. Satu-satunya jalan untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, Anda disarankan membeli emas batangan ke produsen emas batangan yang memiliki kredibilitas tinggi dan telah dipercaya pemerintah. Perusahaan tersebut adalah PT. Aneka Tambang atau biasa disebut Antam.

Sebagai perusahaan terpercaya penghasil emas batangan, selain bersertifikat, Antam menjamin bahwa produknya memiliki tingkat kemurnian sebesar 99,9%. Alasan ini pula yang menyebabkan harga emas batangan yang diproduksi oleh Antam menjadi lebih tinggi 2% – 5% dibandingkan penyedia emas lain, misalnya toko emas. Penentuan harga yang setinggi itu juga karena Antam memasukkan biaya pengolahan dan pemurnian ke dalam harga emas.

Meskipun Antam dominan karena sertifikat dan kemurnian emas, masih terdapat berbagai cara lain berinvestasi emas batangan. PT. Pegadaian dalam beberapa tahun belakangan ini meluncurkan program investasi emas bernama MULIA yang merupakan singkatan dari Murabahah Logam Mulia Investasi Abadi. Berbeda dengan penjual emas lain yang mewajibkan kepemilikan emas batangan harus dibayar sekali, kepemilikan emas di PT. Pegadaian dapat dibayar secara bertahap menyesuaikan dengan daya cicil masing-masing investor. Program investasi emas semacam ini cukup digenari investor bermodal kecil atau mereka yang tidak menghendaki menginvestasikan seluruh modal mereka seketika. Namun tenggat waktu cicilan dan bungan cicilan yang besar merupakan risiko memilih menginvestasikan emas batangan di PT. Pegadaian.

Walau tidak semua bank di dunia perbankan menyediakan layanan investasi emas, terdapat beberapa yang telah siap mengakomodir kebutuhan investasi emas Anda. BRI Syariah misalnya, memungkinkan Anda berinvestasiemas batangan tanpa dikenakan bunga sebagai ganti biaya pengelolaan. Sesuai namanya, investasi emas di BRI Syariah menerapkan sistem syariah yang merupakan pengelolaan investasi tanpa bunga. Menariknya lagi, tidak ada batasan agama dan golongan kepada siapa sistem investasi ini diterapkan.

Ke mana lagi Anda dapat berinvestasi emas? Alternatif terakhir meski bukan terburuk, Anda dapat berinvestasi emas di perusahaan sekuritas. Pilihlah perusahaan sekuritas yang terdaftar di Bursa efek Indonesia. Tidak semua sekuritas mempunyai fasilitas investasi emas batangan. Sekalipun begitu, sekuritas-sekuritas ini biasanya menyediakan fasilitas berinvestasi emas secara online. Untuk pilihan ini, Anda tidak perlu repot-repot membeli emas batangan.

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.