Kartu Indonesia Sehat Apa Hubungannya Dengan BPJS?

By on 18 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.247 kali
Kartu Indonesia Sehat VS BPJS

Asuransi – Setelah kita banyak berkenalan dengan asuransi-asuransi bawaan perusahaan-perusahaan asing atau yang setidaknya mengadopsi tata kelola asuransi dari luar negeri, kini kita memiliki program asuransi kesehatan bernama Kartu Indonesia Sehat yang gencar disosialisasikan tidak lama setelah Presiden Joko Widodo dilantik. Sebelum menjabat sebagai presiden, Joko Widodo telah berhasil memasyarakatkan Kartu Jakarta Sehat.

Kartu Indonesia Sehat tidak seperti program asuransi lainnya di mana individu yang menentukan apakah ia akan bergabung dalam suatu program asuransi kesehatan atau tidak. Kartu Indonesia Sehat diselenggarakan oleh Pemerintah yang mengestimasi sendiri jumlah penduduk miskin di Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa Kartu Indonesia Sehat memang khusus diselenggarakan untuk masyarakat miskin yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Untuk saat ini tidak ada orang yang dapat mengklaim bahwa dia berhak menerima Kartu Indonesia Sehat selain oleh Pemerintah sendiri. Pada saat ini, sekitar 4,4 juta Kartu Indonesia Sehat telah dicetak untuk disebarkan bagi masyarakat miskin di seluruh Indonesia. (Ya iya lah….wong namanya juga Kartu Indonesia Sehat, masak disebarkan di Mars?) Premi yang ditawarkan dalam Kartu Indonesia Sehat dibagi menjadi 3 kelas yaitu:

Kelas 1, Rp. 59.500,00
Kelas 2, Rp. 42.500,00
Kelas 3, Rp. 25.500,00

Jangan sakit hati jika Anda tidak menerima Kartu Indonesia Sehat, berarti Pemerintah tidak menganggap Anda miskin. Miskin kok bangga. Orang yang kaya saja pada menyembunyikan kekayaannya kok. Biar kelihatan miskin gitu  Walah ya sama saja! Untuk hal ini, Anda masih dapat bergabung dalam BPJS. Menariknya adalah bahwa premi yang ditawarkan juga sama dengan premi Kartu Indonesia Sehat. Hanya saja BPJS bukan khusus diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Oleh karena alasan murahnya BPJS banyak diminati karyawan-karyawan swasta yang dalam pekerjaannya tidak menerima jaminan kesehatan. Inilah salah satu perbedaan Kartu Indonesia Sehat dan BPJS.

Selain itu, BPJS sebenarnya adalah badan yang menyelenggarakan terciptanya program-program asuransi seperti Kartu Indonesia Sehat atau Kartu Indonesia Pintar. Dana dari kedua program ini sebenarnya diambilkan dari dana BPJS. Oleh karena itu BPJS, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar adalah program-program asuransi yang dikelola melalui satu pintu yang sama yaitu pintu BPJS sebagai badan penyelenggara. Memang agak rancu memahami BPJS. Yang jelas BPJS selain sebuah program jaminan sosial, juga merupakan badan  penyelenggara jaminan sosial itu sendiri. Ini seperti rancunya memahami Kartu Indonesia Sehat, apakah Kartu Indonesia Sehati itu adalah kartu atau program jaminan kesehatan.  Namun setelah membaca artikel ini, kami yakin Anda sudah mulai menemukan gambaran yang tepat.

Apakah Anda penerima Kartu Indonesia Sehat ataupun bukan, selagi ada program-program jaminan kesehatan yang preminya masih masuk akal bagi masyarakat Indonesia, mengapa tidak Anda manfaatkan? BPJS dan program-programnya dibuat menyesuaikan kondisi perekonomian masyarakat Indonesia, yang akan membantu Anda menanggulangi masalah-masalah kesehatan tanpa perlu membuat Anda tercekik hingga harus menjual rumah. Jadi, tunggu apa lagi?

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.