Jangan Mengambil Pinjaman Jika Alasan-Alasan Anda Salah

By on 16 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.452 kali
Pinjaman

Perencanaan Keuangan – Meskipun mengambil pinjaman dapat membantu Anda keluar dari bahaya keuangan langsung atau membantu Anda membeli sesuatu yang Anda butuhkan, ada alasan mengapa mengambil pinjaman dapat menjadi ide yang buruk pula. Apabila Anda tidak hati-hati, kemudian mengambil pinjaman bisa menjadi hal terburuk bagi kehidupan financial Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mendapatkan pinjaman dapat menjadi ide yang buruk:

Pinjaman sebagai upaya terakhir
Mengambil pinjaman dapat menjadi mimpi buruk jika hal tersebut  adalah satu-satunya sumber pendanaan yang tersedia untuk Anda. Apabila Anda sudah terlibat hutang dalam penggunaan kartu kredit  dan rekening koran dan memiliki alternative  lain untuk berpaling untuk meminta uang, maka mengambil pinjaman bukan untuk Anda. Jika Anda mengambil pinjaman sebagai pilihan terakhir, Anda akan menempatkan diri dalam kesulitan keuangan yang lebih besar dan Anda mungkin tidak dapat bersaing dalam membayar cicilan.

Membeli sesuatu yang Anda inginkan
Gunakan pinjaman untuk kebutuhan saja, atau untuk situasi di mana mereka dapat menguntungkan Anda secara finansial. Mengambil pinjaman untuk pembelian benda-benda yang Anda inginkan, namun tidak mampu atau tidak berguna untuk mendukung bisnis/usaha atau pekerjaan Anda adalah ide yang buruk. Pinjaman harus digunakan untuk barang-barang penting saja, dan tidak untuk pakaian atau perabotan rumah yang hanya indah dilihat namun tak berfungsi lebih dari itu.

Anda ingin membeli properti
Jika Anda ingin membeli properti tetapi pemberi pinjaman hipotek Anda tidak akan meminjamkan uang lagi, Anda mungkin tergoda untuk mengambil pinjaman untuk menutupi deposit. Ini adalah ide yang buruk, karena Anda akan meminjam lebih banyak uang daripada rumah yang layak. Pemberi pinjaman hipotek sering dituduh terlalu murah hati, jadi meminjam lebih dari yang dapat mereka tawarkan adalah langkah bijaksana.

Anda telah melihat sebuah kesepakatan yang tak terkalahkan
Jika Anda berpikir untuk mengambil pinjaman karena iklan yang datang melalui pintu Anda hari ini menawarkan tingkat yang menakjubkan yang tampaknya tak terkalahkan, maka  ambillah langkah mundur untuk berpikir tentang apa yang Anda lakukan. Jika kesepakatan pinjaman tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka biasanya harga yang diiklankan sangat jarang mencerminkan tingkat tertentu yang dapat Anda terima, dan mungkin ada biaya tersembunyi yang tak disebutkan. Jika Anda hanya mendapatkan pinjaman karena kesepakatan tersebut, maka mungkin mendapatkan pinjaman tidak tepat untuk Anda.

Mengapa Anda harus mengambil pinjaman? Tentu saja, ada banyak alasan yang baik untuk mendapatkan pinjaman juga, termasuk:

  • Anda perlu membeli sesuatu tapi tidak mampu membayar jumlah dalam satu kali pembayaran
  • Anda tahu bahwa Anda mampu untuk membayar cicilan pinjaman
  • Anda ingin membeli mobil tetapi tidak ingin menggunakan sewa beli
  • Anda ingin mengkonsolidasikan hutang Anda dan telah dianggarkan untuk pinjaman
  • Anda membutuhkan pinjaman bridging untuk properti

Jika Anda berpikir bahwa Anda memperoleh pinjaman untuk alasan yang tepat, maka semuanya akan berjalan dengan beres. Namun, Anda harus berpikir hati-hati sebelum Anda mengambil pinjaman, dan jika alasan Anda miskin maka Anda harus melihat mengurangi pengeluaran Anda daripada meningkatkan hutang Anda.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.