Jangan Gunakan Kartu Kredit Untuk 4 Hal Ini!

By on 11 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.750 kali
Kartu Kredit

Perencanaan Keuangan – Kartu kredit adalah kenyamanan besar dalam kehidupan kita sehari-hari, memungkinkan kita untuk dengan mudah membeli produk secara online dan melalui telepon, dan membebaskan kita dari keharusan untuk membawa sejumlah besar uang tunai saat melakukan pembelian. Namun, potensi ada sisi gelap untuk alat keuangan plastik ini, dengan beberapa pemegang rekening malang keluar dari kedalaman sisi gelap kartu kredit  dan membangun hutang yang menjadi masalah dan penyebab rasa khawatir.

Ini jelas situasi yang sebaiknya dihindari, dan tahu kapan menggunakan kartu kredit merupakan ide buruk sehingga  dapat membantu Anda menghindari masuk ke kesulitan.

Penarikan uang tunai di ATM
Kebanyakan mesin uang hari ini akan membiarkan Anda menarik uang tunai dengan menggunakan kartu kredit Anda. Ini mungkin tampaknya  pilihan yang menarik jika Anda kekurangan uang tunai menjelang akhir bulan. Sesungguhnya hal tersebut adalah ide yang buruk karena dua alasan. Pertama, penarikan uang tunai akan menarik biaya dari persentase kecil dari jumlah yang Anda tarik. Hal ini sendiri menciptakan cara yang mahal untuk mendapatkan uang tunai di tangan Anda. Gunakan saja kartu ATM yang dibuat secara terpisah, atau datang langsung ke bank untuk mengambil uang tunai. Ini merupakan cara konvensional yang lebih aman.

Terlebih lagi, di bawah sistem yang dikenal sebagai ‘alokasi pembayaran’, pembayaran yang Anda buat ke akun Anda diterapkan pertama ke bagian hutang Anda yang menarik tarif bunga terendah. Ini berarti bahwa selama Anda membawa sejumlah hutang dari pembelian, penarikan tunai Anda akan tetap dikenakan bunga tinggi, dan tidak pernah mendapatkan biaya penarikan yang lebih kecil.

Cek kartu kredit
Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan kartu kredit Anda dalam situasi di mana Anda biasanya tidak bisa, seperti membayar tagihan melalui pos. Namun, suku bunga yang dikenakan pada jenis tagihan ini dapat sama tinggi atau bahkan lebih tinggi daripada dengan penarikan tunai. Ini berarti Anda harus menghindari penggunaan cek kartu kredit  untuk alasan yang sama, seperti tertera di atas.

Menutupi biaya tagihan sehari-hari
Sepertinya enak membayar tagihan listrik atau air menggunakan kartu kredit. Namun bungan yang tinggi yang diterapkan dalam penggunaannya justru akan membuat penghasilan Anda semakin berkurang. Anda hanya akan menyia-nyiakan uang yang dapat Anda gunakan untuk keperluan lain hanya untuk menutup bunga kartu kredit. Sementara kebutuhan seperti listrik, air dan lain sebagainya selalu mengalami pengulangan. Artinya menggunakan kartu kredit untuk membayar kebutuhan sehari-hari hanyalah penghamburan uang belaka.

Pembelian barang-barang mahal secara impulsif
Tentu saja, kita semua ingin memperlakukan diri kita sendiri sebaik mungkin dan tidak ada yang berhak untuk merasa iri. Namun, sebelum menyerahkan kartu kredit Anda, ingatlah bahwa bunga Anda akan membayar lebih dari bulan-bulan yang diperlukan untuk membayar hutang pada benda-benda yang akhirnya menjadi  jauh lebih mahal dari yang terlihat. Apakah benda mahal yang membengkak harganya karena kartu kredit masih layak untuk Anda beli?

Untuk membuat pembayaran hutang lainnya
Kartu kredit bukan jenis pinjaman termurah seperti yang biasanya tersedia, sehingga Anda tidak harus menggunakan kartu Anda untuk layanan lain, hutang yang lebih murah. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah jika Anda menggunakan fasilitas transfer saldo, baik untuk mendapatkan tingkat 0% untuk sejumlah bulan, atau untuk mengunci tingkat permanen rendah.
Seperti yang kita lihat, sebagian besar saran di atas menggunakan  akal sehat, sehingga  mengikuti aturan-aturan ini akan memberi Anda kesempatan terbaik untuk tetap pada kontrol dari kartu kredit Anda, dan menghindari hutang yang tidak perlu atau berlebihan.

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.