Istilah – Istilah Analisa Teknis Dalam Investasi Saham

By on 15 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.287 kali
Investasi Saham

Investasi Saham – Anda mungkin tidak asing dengan istilah-istilah pivot, retracement, support, resistance, gap, breakout dan lain-lain. Yang pasti istilah istilah tersebut lazim di pasar baik saham maupun valuta asing. Dalam bahasa para penganut analisa teknis, istilah-istilah tersebut sangat applicable baik untuk bursa saham maupun bursa valuta asing. Jika mungkin ada satu atau dua istilah yang terlewat, terlupa atau belum Anda pelajari, silahkan asah lagi kemampuan Anda dengan membaca daftar istilah di bawah ini!

Ayunan perdagangan
Sebuah waktu perdagangan untuk mengantisipasi ayunan dalam pergerakan harga dari satu arah ke arah yang lain, sehingga masuk dan keluar dihitung berdasarkan sinyal pola.

Bendera
Sebuah pola jangka pendek biasanya disebabkan oleh jeda dalam tren, dengan bentuk paralel miring dalam arah trend berlawanan yang lebih besar. Bendera ini dipakai untuk analisis jangka pendek namun dipertanyakan nilainya sebagai indikator jangka panjang.

Breakout
Sebuah pergerakan harga di atas resistance atau di bawah support, sinyal sering memberitahukan  bahwa rentang perdagangan baru sedang terbentuk di bursa saham.

Daerah akumulasi
Sebuah kisaran harga di mana aktivitas pembelian berlangsung, menunjukkan meningkatnya support.

Double bottom
Pola grafik ditandai dengan dua harga turun dengan pengujian support, dengan kenaikan harga di antara keduanya. Tes support yang berhasil dipandang sebagai tanda bullish, sering mengantisipasi breakout di atas level resistance sebelumnya.

Double top
Pola grafik ditandai dengan dua harga pengujian puncak resistensi, dengan penurunan di antara dua puncak. Tes resistance yang berhasil dipandang sebagai tanda bearish, sering mengantisipasi breakout di bawah level support sebelumnya.

Gap
Sebuah ruang antara perdagangan harian berkisar dari satu hari ke hari berikutnya, signifikan karena mungkin sinyal perubahan penting dalam harga pola trading. Gap biasa terjadi di akhir minggu perdagangan dan di awal minggu perdagangan namun kadang-kadang terjadi di tengah-tengah hari perdagangan.

Kisaran perdagangan
Tingkat perdagangan saham, diatapi oleh tingkat resistance harga dan dipercaya oleh harga level support.

Klimaks
Sebuah puncak volume perdagangan menandakan akhir dari tren saat ini dan mengantisipasi pembalikan pergerakan harga.

Konfirmasi
Sebuah sinyal atau indikator yang mendukung sinyal sebelumnya dan dengan demikian memperkuat bukti bahwa perubahan teknis tertentu terjadi dalam tren harga.

Konsolidasi
Sebuah kondisi sementara yang memperlambat pergerakan harga dan penyempitan rentang perdagangan, ketika menunggu penataan kembali pembeli dan penjual.

Pola berkelanjutan
Sebuah pola yang memperkuat tren harga saat ini, termasuk jeda dalam pergerakan harga diikuti dengan kembalinya arah sebelumnya.

Neckline
Wilayah perdagangan dalam pola head and shoulders ditemukan antara kepala dan masing-masing dua bahu (shoulder).

Pola head and shoulders
Pola grafik yang menyerupai titik  kiri dan kanan dengan titik tinggi pusat wilayah tinggi (kepala dan bahu atas) atau sebaliknya (kepala dan bahu bawah), dengan tingkat perdagangan yang lebih rendah menengah dan sebelum dan sesudah.perdagangan wilayah  tinggi.

Pivot  tinggi atau rendah
Titik harga di mana support  atau resistance diuji namun tidak berhasil, setelah harga retrace kembali ke tengah-tengah kisaran perdagangan.

Resistance
Harga tertinggi atau harga tren di mana saham diperdagangkan saat ini dalam rentang perdagangan. Harga yang dipertimbangkan pembeli Harga bernilai  tertinggi untuk saham.

Retracement
Sebuah pergerakan harga dalam arah yang berlawanan dari tren baru-baru ini. Retracement adalah pola pembalikan. Sebuah pola perubahan arah pergerakan harga sebelumnya, atau melanggar rentang perdagangan yang terbangun sebelumnya.

Segi tiga
Sebuah pola yang mungkin simetris, naik, atau turun. Segitiga adalah pola kelanjutan yang, bila dikombinasikan dengan analisis karakteristik volume, dapat digunakan untuk mengantisipasi pergerakan harga jangka pendek.

Support
Harga atau harga tren terendah di mana saham diperdagangkan saat ini dalam rentang perdagangan. Support merupakan harga yang dipertimbangkan pembeli saat ini sebagai harga bernilai  terendah untuk saham.

Tennant
Pola segitiga jangka pendek yang mewakili jeda dalam terbentuknya tren harga. Hal ini biasanya diikuti dengan kembalinya pergerakan harga dalam arah yang sama.

Tren primer
Gerakan utama di pasar, biasanya berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, membentuk arah keseluruhan yang  berbasis tren harga luas.

Titik Resistance
Sebuah titik dalam pola harga di mana resistance diuji dan gagal oleh harga dan mencoba untuk menerobos lebih tinggi.

Wilayah distribusi
Sebuah kisaran harga di mana perdagangan berlangsung lebih lama dari rata-rata waktu, di mana penjual ingin mendukung harga untuk menghindari penurunan.

Titik support
Sebuah titik dalam pola harga di mana support diuji dan berhasil oleh harga  yang mencoba menembus lebih rendah.

Target
Sebuah kisaran harga yang diharapkan dalam waktu dekat berdasarkan arus sinyal perdagangan dalam pola grafik.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.