Investasi Syariah, Berinvestasi Sesuai Syariah

By on 11 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.764 kali
investasi syariah

Investasi Syariah adalah cara berinvestasi yang saat ini sedang cukup booming di Indonesia. Mulai dari perusahaan pegadaian, Bank,  Maupun badan-badan atau lembaga perusahaan yang berbau investasi rata-rata saat ini sudah memiliki badan sendiri untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berinvestasi sesuai dengan aturan dan ajaran agama Islam. Berbagai macam-macam bentuk asuransi syariah, reksadana syariah, bank syariah, maupun investasi syariah cara kerjanya sama dengan perusahaan investasi yang bukan syariah, yang membedakan adalah cara pengelolaan uang yang dilakukan oleh badan pengelola uang investasi tersebut benar-benar dikelola secara syariah dan sistem pembagian pada masa jatuh temponya dibagi kepada nasabah dengan cara sistem bagi hasil. Jadi bagi nasabah muslim tentunya sistem syariah seperti ini yang semakin menjadikan kepercayaan dalam menginvestasikan dananya pada lembaga atau perusahaan investasi tersebut, tanpa harus ragu dalam berinvestasi karena semuanya sudah dikelola sesuai syariah.

Maksud dari didirikannya badan pengelolaan uang atau investasi syariah ini yaitu untuk membantu para investor-investor yang ingin berinvestasi tanpa harus ragu lagi untuk berinvestasi, karena pengelolaannya sudah jelas dan diawal perjanjian sudah disepakati bersama sistem bagi hasilnya, agar diakhir pembagian hasil jelas dan tidak terjadi kesalahpahaman. Ada beberapa macam jenis investasi syariah, mulai dari Pasar Uang, SBSN (Surat Berharga Syariah Negara), Reksadana Syariah, dan Saham Syariah. Banyaknya perkembangan investasi syariah yang ada di Indonesia ini pada dasaranya karena masyarakat di Indonesia sendiri rata-rata adalah orang Islam, jadi untuk memudahkan pengelolaan dan perencanaan uang di masa mendatang untuk masyarakat lebih mudah setelahnya dikelolanya badan investasi syariah seperti ini.

Beberapa manfaat investasi syariah juga bisa dikatakan sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan bank konvesional pada umumnya. Investasi syariah menerapkan sistem bagi hasil antara kedua belah pihak di awal perjanjian jadi setelah masa jatuh tempo investasi usai tidak akan terjadi perselisihan diantara keduanya karena sudah disepakati diawal, manfaat lainnya yaitu dalam investasi syariah tidak mengenal adanya suku bunga, keuntungan yang dihasilkan dari investasi syariah adalah murni dari perputaran uang bukan berdasarakan suku bunga maupun indeks harga tertentu. Jadi saat ini rasa khawatir pada masyarakat akan bunga yang belum tentu dan hasil presentase dari nominal perputaran mata uang tertentu tidak lagi jadi masalah bagi investor yang berinvestasi dengan sistem syariah.

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.