Investasi Saham Dividen, Alternatif Investasi Non Progresif Namun Aman

By on 5 Juni 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.269 kali
Dividen

Investasi Saham – Ada perusahaan yang secara rutin membayarkan dividen setiap triwulan untuk sekitar satu  abad.  Jika Anda ingin tidur di malam hari dengan tentram, berinvestasilah di saham dividen. Sebuah argumen kontradiktif mungkin  berpendapat bahwa investasi dalam membeli saham yang aman mungkin akan membuat Anda tidak menikmati potensi pertumbuhan. Namun, saham dividen pada umumnya mengungguli 500 indeks saham kelas menengah dan bawah lebih dari satu dekade.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Dividen?
Suatu perusahaan yang menghasilkan  uang acapkali  membayar sebagian dari keuntungannya untuk pemegang saham pada tiap triwulan. Kadang-kadang dividen ini adalah pembayaran satu kali berdasarkan pada keadaan luar biasa. Namun, saat kami menyarankan supaya Anda berinvestasi dalam saham dividen, kami berbicara mengenai perusahaan yang mengirim pemegang saham cek setiap kuartal fiskal. Dividen dari perusahaan yang kuat dan dapat diandalkan merupakan sumber uang tunai. Dividen juga merupakan bukti kekuatan perusahaan yang perlu diteliti saat melakukan analisa fundamental dari saham perusahaan terkait.

Dalam beberapa hal, dividen seperti bunga dari sebuah obligasi. Sebuah perusahaan yang situasi finansialnya aman akan membayar untuk menetapkan dividen yang nilainya tidak berubah terhadap  suku bunga yang berlaku. Dengan demikian harga saham dapat naik dengan suku bunga rendah dan turun dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

Dividen Bernilai Tinggi, Dividen Yang Konsisten.
Alasan umum untuk berinvestasi di saham dividen dalam jangka panjang, adalah bahwa dividen memberikan profit yang konsisten.  Alasan inilah yang membuat Anda dapat tidur tenang di malam hari sebagai seorang investor saham. Semakin tinggi nilai dividen yang dibagikan adalah lebih baik, namun jika sebuah perusahaan mengambil dari modal sumber daya dan pengembangan untuk membayar dividen, hal tersebut mungkin hanyalah tindakan yang sedikit berputus asa untuk menjaga harga supaya dapat terus merangkak naik. Untuk jangka panjang dapat diandalkan dividen perusahaan seperti Indofood, Nestle ataupun Unilever yang mungkin terlintas dalam pikiran Anda.

Perusahaan produk-produk konsumen yang dapat diandalkan terus menghasilkan  uang besar tahun demi tahun. Jika Anda tidak ingin bangun pagi lantas  menemukan bahwa portofolio saham Anda telah menguap, berinvestasilah di saham dividen seperti  dalam perusahaan-perusahaan tersebut. Sumber-sumber lain yang dapat diandalkan dan dividen yang sehat adalah utilitas perusahaan yang krusial.

Mencari Saham Dividen Yang Bagus.
Datang ke bursa atau mencari secara online adalah cara yang baik untuk menemukan perusahaan yang membayar dividen. Periksalah  berapa lama Perusahaan telah membayar dividen dan periksalah untuk mengetahui apakah ada keterlambatan dalam catatan pembayaran mereka.

Lihatlah secara teliti margin umum keselamatan perusahaan dan nilai intrinsik saham perusahaan.
Anda selalu dapat memperoleh keuntungan dengan menerapkan analisis fundamental. Perusahaan yang dikelola secara baik dengan keuntungan yang besar dan memiliki ahli-ahli keuangan yang kompeten  yang dapat mengendalikan semua biaya,  biasanya membayar dividen dengan jumlah yang menarik dan hal tersebut dapat menjadi  kendaraan investasi yang bagus untuk jangka panjang. Untuk portofolio saham yang sangat seimbang, investor biasanya meletakkan sebagian incestasinya dalam saham dividen, sebagian lagi dalam saham pertumbuhan, dan sebagian lagi  dalam investasi saham campuran dari sektor pasar juga. Ingat, nilai saham dividen biasanya meningkat selama pasar sedang di bawah. Dengan demikian sangat mungkin bagi Anda untuk membeli saham tersebut dalam rangka mengantisipasi resesi dan menjualnya saat harga saham tersebut  bergerak berlawanan dengan pasar.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.