Investasi Properti Yang Cerdas

By on 6 Januari 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3.073 kali

Investasi Properti Yang CerdasInvestasi properti sampai saat ini masih cukup memberikan dampak positif untuk masalah perekonomian dalam kehidupan seseorang, properti juga ternyata sangat bagus untuk menanggapi masalah krisis ekonomi yang melanda sekarang. Banyak yang menjadikan investasi properti ini sebagai bisnis untuk mengelola sumber keuangan seseorang. Pada akhirnya properti ini diprediksi akan menjadi sumber investasi yang cukup menjanjikan karena banyaknya pertambahan jumlah penduduk setiap tahunnya. Dengan adanya pertambahan jumlah penduduk tersebut menjadikan sebuah peluang yang bagus dalam mengelola sumber keuangan dengan memanfaatkan properti hunian atau rumah dan mungkin saja bangunan yang lainnya. Namun sebelum kita memulai menjalankan bisnis properti ini, kita harus menyiapkan perencanaan juga strategi yang cerdas untuk menjalankan investasi yang baik ini.

Pertama yang harus kita survey secara lapangan adalah mengenai lokasi. Dimana lokasi yang akan kita jadikan sebagai rumah sewaan nantinya harus mempunyai lokasi yang strategis dan cukup memberikan kemudahan akses bagi penghuninya nanti. Sebenarnya mengenai masalah tempat tidak harus yang berlokasi strategis, yang biasapun masih tetap bisa, namun ini berdampak pada tingkat cepat atau tidaknya rumah tersebut akan dilirik oleh konsumen. Mungkin yang utama adalah hunian yang bebas banjir dan longsor. Setelah survey lokasi dilakukan, selanjutnya adalah survey harga. Anda tidak mungkin hanya akan melakukan penawaran tehadap satu kawasan komplek perumahan pasti akan melakukan survey terhadap perumahan yang lainnya, nah carilah harga yang menurut anda adalah harga yang paling baik. Ini adalah aset anda jadi berbuat lebih untuk investasi properti anda sekarang todak ada salahnya agar nantinya properti tersebut menjadi aset anda yang paling berharga.

Selanjutnya setelah dua proses survey diatas anda lakukan, dan akhirnya sudah mencapai pada titik kesepakatan artinya sudah mau menginjak akad pembelian, mungkin yang harus anda perhatikan selajutnya adalah mengenai kelegalan atas tanah rumah yang anda baru saja beli, apakah status nya milik pemerintah atau miliki developer. Posisi seorang notaris disini sangat dibutuhkan karena pihak notaris atau pejabat pembuat akta tanah yang akan melakukan pengecekan terhadap status tanah tersebut. Namun jika yang dibeli adalah rumah maka yang diperlukan hanyalah dokumen dan sertifikat secara lengkap agar nanti bisa dipastikan mengenai status kepemilikannya. Investasi properti berupa rumah dan tanah ini nantinya yang akan menjadi sebuah sumber modal untuk menunjang masa depan anda nantinya.