Ini Cara Cepat Agar Klaim Asuransi Anda Segera Keluar

By on 20 Januari 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2.311 kali

Insurance Claim FormAsuransi – Sejak dulu, perusahaan asuransi memiliki “reputasi” lama dalam memroses klaim klien, namun hanya butuh beberapa detik untuk menerima pembayaran premi klien baru.

Sekarang tidak lagi. Seperti halnya bank, perusahaan asuransi telah melakukan investasi besar-besaran untuk memperbaiki cara pemrosesan klaim serta menyediakan Layanan Konsumen.

Untuk menjawab rasa ingin tahu, kami mengontak lima perusahaan asuransi untuk melihat apakah klaim staf kami untuk biaya pengobatan –baik rawat inap maupun rawat jalan— dapat diproses dalam waktu tujuh hari.

Hasilnya, klaim diproses dan pembayaran diterima dengan cepat –asalkan semua informasi yang dibutuhkan telah disertakan dengan benar. Kami menemukan bahwa hampir di semua kasus yang mengalami keterlambatan pembayaran, itu dikarenakan informasi yang dibutuhkan untuk pemrosesan klaim belum lengkap.

Informasi Apa Saja yang Harus Saya Berikan?

Meski ada beberapa perbedaan mengenai informasi apa saja yang dibutuhkan perusahaan asuransi, ada persyaratan wajib  yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Mengisi formulir klaim dengan lengkap. Anda dapat mengunduh formulir ini dari situs perusahaan asuransi Anda atau mengambil langsung di kantor cabang
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi Kartu Keluarga
4. Salinan nota tagihan dari Rumah Sakit/ dokter atau fotokopi nota tersebut yang telah dilegalisir.
5. Salinan hasil laboratorium (jika ada tes tertentu)
6. Fotokopi Surat Keterangan Polisi (jika pengobatan disebabkan karena kecelakaan)

TIP: Jika Anda tidak yakin informasi apa saja yang harus disertakan, cari konfirmasi dari perusahaan asuransi melalui situs resmi perusahaan tersebut atau hubungi Layanan Konsumen. Beberapa perusahaan asuransi juga memiliki call center 24 jam yang dapat dihubungi kapan saja.

Percepat Klaim Asuransi Anda

Ikuti beberapa panduan ini dan bisa dipastikan klaim Anda akan dibayar dengan cepat:
1. Pastikan Anda menggunakan Formulir Klaim yang tepat
2. Isi semua pertanyaan dalam formulir tersebut
3. Berikan penjelasan sedetil mungkin. Dengan demikian, perusahaan asuransi tidak perlu bertanya lebih lanjut kepada Anda
4. Pastikan Anda telah menyertakan semua dokumen pendukung –KTP, KK, nota tagihan RS dan hal-hal lain yang telah disebutkan di atas
5. Kirimkan permohonan klaim dengan datang langsung ke kantor asuransi Anda. Ini jauh lebih efektif dibandingkan mengirimkannya lewat pos
6. Selalu buat salinan dokumen untuk Anda simpan

Semoga informasi ini dapat berguna, semoga saja Anda tidak jatuh sakit. Jikalau Anda sakit semoga permohonan klaim asuransi bisa diproses dengan cepat sehingga Anda bisa kembali menikmati hidup!

 

 

Sumber: liveolive.com