Ingin Tambah Kartu Kredit Lagi?? Berikut Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan

By on 21 Januari 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3.072 kali

Ingin Tambah Kartu Kredit Lagi, Berikut Hal-Hal yang Harus DipertimbangkanPerencanaan Keuangan – Anggap saja, Anda saat ini telah memiliki kartu kredit. Kemudian, di suatu waktu, Anda ditawari sebuah kartu tambahan, baik untuk suami, istri, atau anggota keluarga lainnya.

Tidak mengherankan, karena selalu ada cara bagi penerbit kartu kredit untuk terus menambah penggunanya. Salah satunya, dengan menawarkan kartu kredit tambahan untuk para pemegang kartu kredit.

Bahkan, supaya semakin menarik hati, penawaran kartu kredit tambahan terkadang diiringi dengan berbagai promo yang menggiurkan. Misalnya, adanya cashback, reward, cicilan ringan, dan berbagai keuntungan lain.

Tetapi, tunggu dulu. Sebelum menjawab oke, maka Anda wajib memiliki lima pertimbangan ini:

1. Biaya

Kartu kredit memiliki berbagai biaya, salah satunya adalah biaya tahunan. Coba hitung dan pertimbangkan biaya administrasi tahunan yang perlu dibayar setiap tahun.

Apakah biaya tahunan tersebut sesuai dengan manfaat yang diberikan?. Contohnya adalah, apakah kartu kredit tambahan itu memang efektif digunakan untuk menggunakan airport lounge?

Atau, apakah promo cicilan 0 persen? Bahkan, ada penerbit kartu kredit yang menawarkan keuntungan gratis biaya tahunan untuk kartu kredit tambahan yang diajukan.

2. Plafon

Untuk menarik pelanggan, biasanya penerbit kartu menawarkan plafon kredit yang lebih tinggi jika Anda mau untuk kartu kredit tambahan yang ditawarkan. Apakah mereka menawarkan hal ini?

Hitung kebutuhan penggunaan yang sering Anda lakukan dengan limit yang dimiliki saat ini. Bila dirasa belum mencukupi, tidak ada salahnya Anda memiliki kartu kredit tambahan.

Keuntungan dari itu, Anda akan bisa menggunakan limit kredit tersebut untuk kebutuhan yang Anda miliki. Misalnya, berbelanja di luar negeri tanpa takut kehabisan limit.

3. Bunga

Apakah Anda sering melakukan pinjaman dengan menggunakan kartu kredit? Bila ya, cobalah untuk meminta suku bunga khusus apabila ada penerbit kartu kredit yang menawarkan kartu kredit tambahan.

Sebab, seringkali penerbit kartu kredit menawarkan suku bunga khusus di bawah standar selama jangka waktu tertentu untuk keuntungannya.

4. Kebutuhan

Masing-masing orang memiliki kebutuhan yang berbeda dengan kartu kredit yang dimilikinya. Coba identifikasi kebutuhan Anda, kemudian sesuaikan kebutuhan itu dengan kartu kredit yang cocok.

Contohnya, Anda sering pergi ke luar negeri maka Anda perlu mencari kartu kredit tambahan yang mempunyai jaringan merchant yang luas di seluruh dunia. Bisa juga Anda mencari kartu yang berikan bonus frequent flyer untuk terbang gratis.

5. Kemampuan

Inilah poin terpenting yang wajib dipertimbangkan, yaitu menyesuaikan kebutuhan kartu kredit Anda dengan kemampuan finansial. Kemampuan finansial adalah dasar dari penggunaan kartu kredit.

Jadi, bila Anda mempunyai kemampuan finansial yang baik dan kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi kartu kredit sebelumnya, artinya Anda perlu kartu kredit tambahan. Bila sebaliknya, maka tidak.

Ingat, jadikan kartu kredit sebagai alat bantu pembayaran yang menawarkan berbagai keuntungan, tetapi jangan sampai kartu kredit menjadi bumerang finansial Anda.

 

Sumber: viva.co.id