Ingin Investasi Emas? Kenali Jenis – Jenis Investasi Emas Berikut Ini

By on 18 Agustus 2015 | Artikel ini Sudah di baca 440 kali

Investasi Emas – Sebelum memutuskan untuk investasi emas, sebaiknya kenali jenis-jenis investasi emas terlebih dahulu untuk memaksimalkan keuntungan yang Anda dapatkan nantinya. Saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia baik kalangan atas maupun kalangan menengah lebih memilih emas sebagai alat investasi mereka. Selain dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan, investasi emas dinilai memiliki risiko yang kecil. Yang paling populer di kalangan masyarakat adalah investasi emas berupa emas batangan dan investasi dalam bentuk perhiasan, disamping itu ternyata investasi emas ada beragam jenisnya.

Untuk mengoptimalkan keuntungan yang didapatkan, Anda harus mengetahui dengan jelas mengenai mengapa Anda memilih investasi emas, apa tujuan dan harapan Anda dalam investasi emas, serta memilih investasi emas yang cocok dan sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan harapan Anda. Dengan begitu Anda bisa menjalankannya dengan lancar dan mendapatkan hasil yang optimal.

Mengenal jenis-jenis investasi emas :

· Investasi Reksadana Emas
Reksadana emas merupakan cara berinvestasi emas tanpa harus berbentuk fisik. Suatu perusahaan pertambangan emas yang menjual sahamnya dalam bentuk reksadana disebut reksadana emas. Investasi reksadana emas memungkinkan Anda dapat terlibat langsung dalam transaksi saham yang dilakukan di suatu perusahaan emas tersebut. Biasanya perusahaan memberikan penawaran khusus kepada para pembeli reksadana, inilah yang menjadi alasan mengapa para investor tertarik untuk melakukan investasi reksadana emas.
Naik dan turunnya harga emas dunia sangat berpengaruh terhadap saham yang kita beli. Jika harga emas dunia naik, otomatis saham yang kita punya juga ikut naik. Risiko yang dapat terjadi pada investasi reksadana emas disebabkan oleh dua faktor. Faktor yang pertama adalah kenaikan atau penurunan saham dunia, dan yang kedua adalah segala hal terjadi pada perusahaan pertambangan emas tersebut. Jika manajemen perusahaan buruk, terjadi bencana, demo buruh atau perusahaan sedang terbelit persoalan hukum, hal itu akan berpengaruh terhadap saham yang Anda miliki.

· Pembelian Sertifikat Emas
Sertifikas emas merupakan bukti kepemilikan dari emas yang Anda miliki. Pembelian sertifikat emas dinilai lebih aman dan menguntungkan karena Anda tidak memerlukan tempat khusus untuk menyimpan emas dalam bentuk fisik.

· Program Arisan Emas Pegadaian

Di Indonesia sendiri, program arisan emas pegadaian adalah salah satu program yang peminatnya cukup banyak. Dalam setiap bulan, akan dilakukan pengundian untuk menentukan satu orang anggota kelompok yang akan mendapatkan satu keping emas.

· Investasi Brankas Emas Antam

Investasi brankas emas Antam memungkinkan Anda untuk menyimpan emas tanpa harus khawatir hilang. Anda bisa membelinya langsung ke PT Antam dengan cara mencicil. Jika sudah lunas, Anda bisa melakukan segala hal terhadap emas Anda, entah itu diambil atau dijual kembali.

· Investasi Koin Emas
Investasi koin emas memiliki banyak macam, diantaranya koin emas kuno dan koin emas dinar. Koin emas kuno mempunyai nilai yang lebih tinggi dibanding dengan koin emas biasa. Investasi koin emas cocok bagi Anda untuk perencanaan jangka panjang, contohnya naik haji.

· Investasi Emas Batangan

Untuk mendapatkan emas batangan, Anda bisa membelinya langsung ke PT Antam melalui online di antamgold.com atau Anda juga bisa mendapatkannya di pegadaian.

· Perhiasan Emas

Perhiasan emas merupakan pilihan investasi emas yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Investasi dalam bentuk perhiasan emas bisa memberikan keuntungan ganda yaitu bisa sebagai alat investasi sekaligus koleksi perhiasan. Jika membutuhkan dana, perhiasan emas bisa dijual sewaktu-waktu.

Itulah beragam jenis-jenis investasi emas yang bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk melakukan investasi emas.