Hemat Jutaan Per Tahun Menggunakan 3 Tips Kartu Kredit Ini

By on 11 Mei 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3.177 kali

Perencanaan Keuangan – Sementara walaupun terasa sangat nyaman, kartu kredit bisa menjadi produk konsumen yang sangat mahal. Kebanyakan orang tidak menyadari betapa mahal yang dapat disebabkan dari menenteng kartu kredit di dompet Anda. Setiap tahun banyak konsumen kartu kredit yang melakukan belanja besar dapat membuang jutaan Rupiah dengan sia-sia hanya karena menggunakan kartu kredit. Bahkan jika Anda bukan pemboros besar kartu kredit, hampir semua orang dapat menghemat jutaan rupiah setiap tahun dengan 3 tips kartu kredit ini.

Jangan Melakukan Pembayaran Minimum

Perusahaan kartu kredit Anda biasanya meyakinkan Anda karena mereka tahu bahwa ada pembayaran minimum. Bahkan jika Anda berhutang puluhan juta rupiah, pembayaran minimum Anda bisa menjadi sangat rendah, terkadang hanya mencapai 3% dari total saldo Anda. Namun, apa yang tidak diberitahu oleh perusahaan kartu  kredit Anda adalah bahwa jika Anda memiliki saldo besar dan hanya membayar pembayaran minimum untuk beberapa tahun ke depan Anda akan dikenakan biaya sendiri mungkin jutaan rupiah untuk biaya bunga saja. Bahkan, bahwa pembelian di toko CD senilai Rp. 500.000,00 dari waktu ke waktu akan berlipat ganda. Untuk menghindari membayar bunga saja dan tidak pernah menyentuh modal pastikan Anda selalu membayar lebih dari sekedar pembayaran minimum.

Mentransfer Saldo Anda Di Kartu Kredit Dengan Bunga Yang Lebih Rendah

Kebanyakan orang menerima beberapa penawaran kartu kredit dan sebagian besar memiliki keunggulan yang  sangat menarik dengan menawarkan tingkat suku bunga. Misalnya, banyak tawaran kartu kredit akan mentransfer kartu yang ada bunga tinggi ke kartu kredit dengan gratis untuk kartu baru dan memungkinkan Anda dipungut bunga nol persen selama 6 bulan atau tingkat bunga yang sangat rendah untuk jangka waktu tertentu. Apabila Anda memiliki saldo yang tinggi di mana Anda membayar jutaan rupiah setiap tahun pada pembayaran bunga, dalam banyak kasus itu adalah demi kepentingan terbaik Anda , maka terimalah tawaran ini dan nikmati bunga nol persen atau bunga rendah untuk 6 bulan ke depan dalam satu tahun.

Gunakan Kartu Debit Ketimbang Kartu Kredit

Ini tidak mengherankan bahwa sering kali kita menggunakan kartu kredit karena kebiasaan. Namun  mengapa menggunakan sesuatu yang sangat mahal jika kita tidak terlalu membutuhkan? Kita dapat dengan mudah membayar makanan saat kita makan ke luar  atau mengisi mobil kita  dengan bensin  dengan kartu debit yang dengannya kita tidak perlu membayar bunga. Kartu debit terasa sama nyaman dengan kartu kredit dan biasanya diterima di mana-mana juga. Gunakan kartu debit Anda untuk menghindari biaya bunga yang tinggi dalam jangka panjang dan Anda benar-benar dapat menghemat jutaan rupah untuk biaya bunga setiap tahun.