Harga Minyak Dunia Melemah

By on 16 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.584 kali
Harga Minyak

Harga MinyakBerita – Harga minyak dunia berjangka sempat naik tipis mendorong aksi jual di awal pekan sehingga mendorong harga minyak dunia kembali ke level terendah. Hal itu dipicu setelah Organisasi Negara Pengekspor Minyak tidak memberikan indikasi untuk mengurangi produksi.

Harga minyak dunia jenis Sweet Crude Futures sempat naik di awal perdagangan didukung gangguan pelabuhan di Libya. Namun, harga minyak patokan Amerika Serikat West Texas Intermediate (WTI) melemah US$ 1,9 (3,3 persen) ke level US$ 55,91. Ini posisi akhir terendah sejak Mei 2009.

Sementara itu, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari di bursa berjangka London ICE jatuh 79 sen atau 1,2 persen ke level US$ 61,06 per barel.

“Sentimen negatif terus menekan pasar minyak,” ujar Jameel Ahamd, Chief Market Analyst FXTM, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Selasa (16/12/2014).

Harga minyak telah jatuh sekitar 50 persen sejak Juni. Sejumlah analis menilai, hal itu didorong dari pasokan melimpah, dolar lebih kuat dan permintaan yang melemah seiring ekonomi global yang melambat.

Pernyataan pejabat OPEC pada akhir pekan lalu juga memberikan pengaruh ke harga minyak. Sekretaris Jenderal OPEC Abdalla Salem el-Badri mengisyaratkan ada spekulasi di balik penurunan harga yang curam.

“Ketika kita melihat pasokan dan permintaan, ada kenaikan pasokan tetapi tipis seharusnya tidak menyebabkan penurunan 50 persen,” tutur Badri.

Selain itu, Menteri Perminyakan Uni Emirat Arab, Suhail Al-Mazrouei menuturkan, OPEC juga tetap pada keputusannya untuk mempertahankan produksi meski harga minyak turun ke level terendah US$ 40 per barel.

Meski harga minyak melemah diharapkan rilis data ekonomi terutama manufaktur Amerika Serikat, China dan Eropa dapat mengangkat harga minyak pada pekan ini. Selain itu, bank sentral Amerika Serikat (AS) juga akan melakukan pertemuan pada 19 Desember sehingga dapat mendukung harga minyak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: LIPUTAN6