Harga BBM Naik, Bagaimana Anda Dapat Menghemat Biaya Transportasi?

By on 27 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.789 kali
BBM-naik

Perencanaan Keuangan – Harga BBM naik terus setiap tahun, terutama harga bensin. Transportasi merupakan salah satu faktor besar yang membuat anggaran rumah tangga sulit untuk menutupi semua pengeluaran Anda. Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda menghemat uang dalam transportasi:

1. Untuk menghemat uang, Anda harus selalu memeriksa kendaraan Anda secara teratur. Sebuah kendaraan yang terawat bisa membuat Anda keluar dari masalah untuk biaya perbaikan. Anda benar-benar dapat menghabiskan hanya Rp.250.000,00 untuk mempertahankan kendaraan Anda dan menghemat sampai Rp.4.000.000,00  biaya perbaikan dalam setahun. Anda bahkan dapat menghemat  lebih banyak uang jika Anda melakukan perawatan mobil Anda sendiri dan tidak membawa mobil Anda ke sebuah pusat servis mobil.

2. Jika Anda ingin menghemat lebih banyak uang, dianjurkan untuk tidak membeli mobil baru. Harga  sebuah mobil terdepresiasi secara otomatis saat Anda berkendara keluar dari showroom toko dealer mobil. Anda dapat membeli mobil yang dipakai setidaknya satu tahun. Ini akan menghemat puluhan juta untuk nilai sebenarnya dari mobil ketika mobil itu masih baru. Pemilik kemudian akan membayar semua nilai terdepresiasi dari mobil.

3. Simpan uang untuk membeli mobil bekas dengan membandingkan harga dari dealer mobil dan harga aktual pada daftar iklan dealer mobil yang digunakan. Untuk memastikan mobil yang Anda beli berkondisi baik, Anda dapat meminta bantuan montir untuk memeriksa apakah mobil tersebut cukup baik untuk harga yang ditawarkan. Lebih baik untuk membeli mobil bekas dari orang yang Anda kenal dan Anda percaya. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda memiliki banyak keuntungan dalam memperoleh mobil.

4. Belilah bensin Pertamax. Anda pasti tidak percaya mengapa saran ini diberikan karena harga bensin Pertamax sedikit lebih mahal daripada bensin biasa. Namun percaya atau tidak, bensin Pertamax membuat kendaraan Anda lebih irit ketika digunakan dalam perjalanan. Anda tidak akan sering-sering mengisi bensin secepat jika Anda membeli bensin biasa. Hehehe namanya juga Pertamax, pasti dia yang paling utamax di antara semuax . Itulah mengapa harga bensin premium lebih mahal. Walau demikian, bensin premium lebih bersahabat dengan mesin mobil Anda, sehingga secara tidak langsung akan memperkecil risiko kerusakan mobil Anda.

5. Rutinlah mentune-up mobil Anda dan jangan lupa memasang ban yang memiliki tekanan yang diinginkan untuk menghemat lebih banyak uang. Sebuah mesin terawat mengkonsumsi bensin lebih sedikit. Bersihkan selalu bagasi mobil Anda dari benra-benda yang berat  untuk menghemat bensin lebih banyak. Beban berat di dalam kendaraan Anda dapat mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar karena kelebihan berat beban yang ada di dalam mobil Anda.

6. Cobalah untuk membatasi penggunaan mobil Anda pada rute sehari-hari Anda saja. Anda dapat menaiki bus atau kereta untuk menghemat bensin jika perjalanan jauh terbatas pada diri Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda juga dapat menghemat waktu dengan mengabaikan lalu lintas yang Anda temui sehari-hari di jalan-jalan. Namun cara ini hanya mempan jika Anda kebal terhadap calo. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah terhadap hadangan calo yang berusaha membuat tipis kantong Anda dengan cara-cara dari yang halus hingga yang tidak etis. Waspadalah!

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.