Hal-Hal Sepele Yang Membantu Anda Menekan Pengeluaran Rumah Tangga

By on 18 Agustus 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.823 kali
Rumah Tangga

Perencanaan Keuangan – Apakah Anda terkejut saat melihat pengeluaran rumah tangga Anda setiap bulan mencapai jumlah yang di luar bayangan Anda? Biaya tampaknya meningkat setiap bulan. Jika Anda berada dalam situasi ini, cobalah 5 rekomendasi sebelum pengeluaran ekstra untuk rumah tangga Anda terakumulasi dalam jumlah yang semakin meresahkan (Hehehe kayak ISIS aja meresahkan. Percayalah bahwa Anda sebaiknya resah pada pengeluaran rumah tangga sebelum resah pada kedatangan ISIS. Karena jika Anda dapat menghemat pengeluaran rumah tangga, Anda dapat mengumpulkan uang untuk membeli ketapel atau pentungan sebagai alat pertahanan diri dari serangan ISIS) Di bawah ini adalah 5 hal yang harus Anda lakukan:

1. Daur ulang surat-surat sampah dan sisa buku tulis anak Anda.

Setiap bulan, Anda mungkin akan menerima selusin atau lebih surat dari kantor pos langsung di kotak surat Anda yang mungkin isinya hanya pemberitahuan atau tagihan. Sebagian surat ini akan dicetak pada satu sisi saja. Coba pula periksa tumpukan buku tulis anak-anak Anda yang mereka gunakan di kelas yang telah lewat. Kadang-kadang karena sudah ganti semester atau naik kelas, buku-buku tulis tersebut banyak menyisakan lembar-lembar kosong. Jika Anda rasa semua ini sudah tidak digunakan, kumpulkan surat-surat dan ambil bagian buku tulis yang belum digunakan dan gabungkanlah ke dalam papan menulis. Anda juga dapat menggunakannya untuk mencetak draft dokumen, atau memotongnya dalam ukuran yang lebih kecil yang dapat berfungsi sebagai notes. Selain menghemat pengeluaran rumah tangga, Anda juga menyelamatkan banyak pohon. Tindakan ini termasuk Anda terlibat aktif dalam gerakan Go Green.

2. Pasang penghemat air di tandon toilet  Anda.

Ketika membilas toilet, jumlah air yang digunakan biasanya lebih dari yang dibutuhkan. Dengan memasang alat penghematan air di tangki, jumlah air yang dihemat dapat mencapai sebanyak tiga galon per bulan. Sekali lagi, pengeluaran rumah tangga dapat ditekan.

3. Gunakan kipas angin.

Sebisa mungkin, gunakanlah kipas angin. AC merupakan salah satu penyumbang utama borosnya tagihan listrik Anda. Dengan menggunakan kipas, bukan saja Anda menghemat tagihan listrik Anda, Anda juga membangun toleransi panas tubuh Anda.

4. Jangan membuang sabun batangan Anda.

Ketika Anda mandi dan mencuci tangan dengan sabun setiap hari, batang sabun akan menjadi lebih kecil dan lebih kecil sampai hampir tidak dapat digunakan. Alih-alih membuangnya, cukup tempelkan batangan kecil yang tersisa ke sabun batangan yang baru. Pastikan keduanya basah ketika Anda menggabungkan sabun batangan lama dan sabun batangan baru. Walau ini terasa seperti hal kecil, bagaimanapun pengeluaran rumah tangga harus diminimalisir di segala wilayah termasuk kebutuhan di kamar mandi.

5. Potong tube pasta gigi menjadi dua bagian.

Bila Anda tidak bisa lagi memencet keluar pasta gigi dari dalam tube, potonglah tube pasta gigi menjadi dua bagian. Percaya atau tidak, Anda akan menemukan sisa pasta gigi yang masih dapat Anda gunakan satu hingga tiga kali lagi. Lumayan Mas Bro, menghemat pengeluaran rumah tangga di sektor perodolan selama satu hari konsumsi.

Nah sejak sekarang mulailah membangun kebiasaan yang berguna dan jadikan kebiasaan tersebut sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari Anda. Anda akan senang saat Anda melihat biaya rumah tangga Anda mulai menurun sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.