Faktor-Faktor yang Mempengaruhi CFD Trading Sebagai Bentuk Perdagangan yang Luwes

By on 26 Agustus 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.030 kali
CFD

Investasi Saham – Produk Risiko tinggi yang diperdagangkan pada harga saham dan indeks, salah satunya adalah CFD, atau Contract for Difference = Kontrak Untuk Perbedaan. CFD sekali lagi adalah cara yang fleksibel untuk perdagangan pasar, yang dapat digunakan untuk melihat ke arah mana investor mengambil arah pasar.

CFD pada dasarnya berbentuk instrumen keuangan berupa kesepakatan untuk bertukar perbedaan nilai, seperti saham, mata uang atau komoditas, antara waktu di mana kontrak dibuka dan waktu di mana kontrak ditutup, memungkinkan investor untuk mendapatkan keuntungan (atau menderita kerugian) dari underlying asset tanpa benar-benar memiliki saham, dan memungkinkan investor untuk mengeksploitasi atau membuat kerugian dari pergerakan harga ke bawah atau ke atas. Jika kita mengambil saham sebagai contoh, masing-masing CFD akan sesuai dengan perusahaan individu seperti Rio Tinto, BP atau Barclays. Demikian sebagaimana dikutip dalam cara yang persis sama, dan pergerakannya mencerminkan naik turunnya saham yang sesuai, meskipun dengan spread yang lebih luas, karena alasan yang dijelaskan di bawah ini.

Anda dapat membeli atau menjual CFD setiap kali Anda menginginkan dan Anda dapat memilih untuk memegang posisi selama berbulan-bulan atau hanya beberapa jam. (Perdagangan CFD dianggap sebagai kegiatan jangka pendek sehubungan dengan harga pembiayaan ketika memegang posisi open, karena broker CFD menarik biaya untuk memegang posisi semalam). Tidak seperti saham, Anda tak dapat mengambil pengiriman CFD. Sebaliknya, Anda menetapkan perbedaan antara harga pembukaan dan penutupan, dan perbedaan itu adalah keuntungan atau kerugian Anda (tergantung biaya atau dividen yang dibayarkan atau terutang). Anda tidak akan membayar materai (di bawah undang-undang Indonesia saat ini) atau biaya penyimpanan.

CFD berguna untuk pedagang yang mencari fleksibilitas yang lebih besar dalam memaksimalkan keuntungan serta risiko lindung nilai (meskipun perdagangan CFD tak dapat disangkal juga dapat menyebabkan kerugian apabila Anda kurang disiplin dengan strategi Anda). CFD merupakan cara yang efisien untuk berpartisipasi di pasar modal, menjaga biaya rendah, dan memungkinkan Anda mendapatkan potensi keuntungan pada pergerakan pasar. Sekali lagi, CFD diperdagangkan dengan menggunakan leverage, yang menghilangkan kebutuhan untuk mengikat sejumlah besar modal, dan bukannya perdagangan pada margin. Ini adalah cara yang efektif untuk membangun keuntungan yang lebih besar dari investasi awal yang dapat dimulai dari modal yang relatif kecil, tapi tentu saja dapat menyebabkan kerugian yang lebih besar jika perdagangan tidak berhasil. Karakteristik perdagangan margin melibatkan risiko bahwa jika pasar bergerak melawan Anda, Anda menghadapi pilihan menambahkan dana tambahan ke rekening untuk menutupi margin Anda, atau menutup posisi Anda pada nilai yang merugi yang meninggalkan Anda dengan kewajiban untuk menutupi defisit.