Emas Stabil Seiring Aksi Safe Haven Buying

By on 22 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.983 kali
Gold_focus8

Emas – Harga Emas menguat secara moderat seiring eskalasi ketegangan geopolitik setelah para pemimpin Eropa menyatakan kekecewaannya pada sikap kaum pemberontak Ukraina pro Russia untuk menghalang-halangi akses penyidikan di lokasi kejatuhan pesawat Malaysia MH17.

Sementara itu Washington secara eksplisit menyalahkan Russia terkait tragedy jatuhnya MH17 yang menimbulkan korban tidak bersalah 295 orang. PM Belanda mengancam akan memperluas sanksi dan mengubah pendekatan Uni Eropa pada Russia paska kejadian ini. Di saat bersamaan aksi kekerasan di jalur Gaza juga semakin meningkat yang dilaporkan oleh Palestina telah menimbulkan korban hingga 500 orang.

Sanksi ekonomi bagi Russia tentunya tidak hanya berdampak pada bisnis di kawasan tersebut, namun juga dapat berimbas pada perekonomian Uni Eropa khususnya Jerman. Namun pihak negara Barat meyakini bahwa dampak pada Russia akan lebih besar sementara efek bumerang bagi negara Barat akan lebih minimal jika sanksi diperluas pada sektor energi, keuangan dan pertahanan Russia.

Serangkaian kecemasan geopolitik ini tampaknya telah mempengaruhi market secara keseluruhan, sehingga terjadi kejatuhan pasar aset berisiko dan memicu naiknya permintaan pada aset yang tergolong safe haven seperti Emas. Terpantau sejauh ini harga spot Emas menguat 0.23% di level $1,313.93 per troy ons, setelah meraih titik tertinggi intraday di $1,318.43 dan level terendah hariannya di $1,307.54 per troy ons.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.