Emas Meredup Seiring Reboundnya Pasar Saham AS

By on 5 Agustus 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.572 kali

Emas – Emas berjangka turun untuk ke empat kalinya dalam lima sesi seiring relinya ekuitas AS telah mengurangi permintaan logam mulia sebagai aset alternatif.

Indeks Standard & Poor 500 reli atas spekulasi bahwa krisis di Portugal’s Espirito Santo SA akan di bendung. Data AS pada tanggal 1 Agustus menunjukkan bahwa para pengusaha menambahkan lebih dari 200,000 pekerja untuk bulan ke enam beruntun. Pekan lalu, emas turun sebesar 0.8%, itu adalah penurunan mingguan ketiga beruntun.

“Penguatan di pasar ekuitas telah berikan tekanan pada emas,” kata Frank Lesh, seorang trader di FuturePath Trading LLC di Chicago. “Itu jelas bahwa ekonomi AS menunjukan penguatannya, walaupun berjalan lambat.”

Di Comex New York, emas berjangka bulan Desember turun sebanyak 0.5% untuk settle di $1,288.90/onz. Perdagangan bergerak sekitar 50 persen di bawah MA 100 hari, data di kompilasi oleh Bloomberg. Pada tanggal 1 Agustus, harga menyentuh level $1,281, itu adalah level terendah sejak 19 Juni.

Emas turun sebesar 3% pada bulan lalu atas kecemasan bahwa Federal Reserve akan naikan suku bunga seiring ekonomi AS mendapatkan momentum kenaikan.

Bank sentral “masih berjuang untuk menahan diri dalam hal apapun yang terkait pada normalisasi level suku bunga dalam waktu dekat,” kata analis di Commerzbank AG dalam sebuah laporan. “Meskipun demikian, data ekonomi yang bagus dalam beberapa bulan mendatang kemungkinan akan menempatkan subjek kenaikan suku bunga kembali pada agenda Fed, yang mana itu seharusnya akan mengurangi daya tarik pada emas.”