Emas Ditopang Permintaan Safe Haven

By on 17 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.297 kali
Gold_focus2

Emas – Emas naik untuk kedua harinya pada sesi London seiring sanksi baru terhadap Rusia meningkatkan tingkat permintaan safe haven dan dalam spekulasi harga emas yang berada dekat level rendah 3 pekan akan memicu lebih banyak aksi beli. Emas sempat anjlok ke level sekitar $1,292.26 per ons pada tanggal 15 Juli lalu, level terendah sejak 19 Juni, seiring Gubernur Federal Reserve Janet Yellen mengatakan tingkat suku bunga dapat naik lebih cepat dari perkiraan jika inflasi dan tenaga kerja naik lebih cepat dari antisipasi, meski stimulus masih dibutuhkan. Emas anjlok sebanyak 28% di tahun 2013 lalu dalam ekspektasi the Fed akan memangkas stimulus.

Harga emas rebound sebanyak 8.4% tahun ini seiring bank sentral AS berjanji untuk menahan tingkat suku bunga di level rendah dan seiring ketegangan di Timur Tengah dan Ukraina yang memicu permintaan safe haven. AS dan Uni Eropa memberlakukan sanksi baru terhadap bank-bank, perusahaan energi, dan perusahaan pertahanan Rusia dalam usaha terkini untuk menekan Rusia agar menghentikan campur tanganya di Ukraina.

“Sanksi baru terhadap Rusia meningkatkan ketegangan geopolitik,” ucap Robin Bhar, analis pada Societe Generale SA di London. “Ada sedikit aksi bargain hunting, mengingat penurunan tajam dalam beberapa hari terakhir. Secara keseluruhan kita masih berada pada downtrend, tergantung oleh waktu kenaikan suku bunga dan berakhirnya program quantitative easing oleh the Fed.”