Emas Batangan Dan Jenis-Jenisnya

By on 5 Mei 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.896 kali
investasi emas

Emas Batangan (Bar)
Investasi Emas – Emas batangan (gold bar) merupakan emas logam mulia dengan kadar emas 22K -.9999 yang dicetak dan diterbitkan oleh manufaktur yang terakreditasi dan disertai dengan sertifikat yang memberitahukan berat dan keasliannya. Meskipun namanya emas batangan (bar), dalam prakteknya tak selalu berwujud logam batangan. Namun yang jelas, setiap emas batangan tersebut dibuat dari emas logam mulia yang disertai sertifikat berikut nomor registrasi. Nomor tersebut dicetak pula pada produk emas logam mulia. Maka pada tiap emas batangan akan tercetak data-data seperti karat, berat emas,  nama manufaktur dan logo perusahaan yang mencetak dan terakhir adalah nomor registrasi produk. Data yang sama juga akan tertera pada sertifikat yang menyertai setiap batang emas.

Emas batangan memiliki pecahan berat yang berbeda-beda. Satuan paling kecil adalah 1 gram sedang yang terberat adalah 250kg. Pada umumnya, emas dengan pecahan besar diproduksi dengan cara cetak, yaitu emas cair dituang ke dalam tempat-tempat cetakan. Untuk emas dengan pecahan kecil diproduksi dengan sistem potong menyerupai cara membuat koin emas. Beberapa negara menerapkan bentuk dan satuan yang unik yang kemudian menjadi ciri khas emas logam mulia negara-negara tersebut.

Di bawah ini adalah di antaranya :
400 ounce bar / 12,5 kg bar
400 ounce bar adalah emas logam mulia dengan satuan paling berat yang masih sering diperdagangkan. Namun lantaran ukurannya yang tidak mudah dipindahtangankan maka hanya sertifikat keasliannya saja yang diperdagangkan, sementara fisik emasnya tetap tersimpan di bank.

Kilogold Bar
Kilogold bar adalah wujud investasi emas logam mulia paling populer utamanya di negara Amerika serta Eropa. Diproduksi menyerupai bentuk balok bata (brick) dan mempunyai berat 1 kg. Dalam skala berat, kilogold bar masih bisa dipindahtangankan secara mudah. Meskipun begitu,  beberapa investor lebih memilih memperjualbelikan sertifikat kepemilikan demi mengurangi resiko.

Tezabi Bar
Tezabi adalah emas logam mulia dari negara Pakistan dan satu-satunya emas logam mulia yang tak diproduksi oleh pabrikan yang berakreditasi. Umumnya emas tezabi diproduksi dalam skala industri rumahan. Secara teoretis tezabi mengandung 99.00% emas murni. Tezabi dirpoduksi menyerupai bentuk mata uang emas Lydian dengan berat beragam, tergantung dari ketersediaan bahan baku. Emas logam mulia tezabi acapkali dimurnikan dari emas tua atau perhiasaan yang rusak menggunakan teknik tradisional berusia 2000 tahun.

Tael Bar
Tael bar adalah satuan emas logam mulia yang biasa diperdagangkan di negara yang kebanyakan penduduknya menggunakan bahasa mandarin. Satu tael setara dengan 1,2 ounce atau 37,4 gr dengan berat dari 1 tael hingga yang terberat 10 tael. Tael sendiri dibuat dalam tiga macam bentuk yaitu bentuk perahu, donat serta biskuit. Yang paling populer adalah bentuk biskuit yang berberat 5 tael. Bentuk ini paling banyak dicetak di Hongkong dan dipasarkan ke China dan Taiwan.

Decorative “Fine Art” Gold Bar
Emas logam mulia juga dicetak dengan gravir maupun ornamen. Hal ini seringkali unutk memperingati suatu kejadian tertentu. Keping emas logam mulia ini diperjualbelikan dengan charge premium yang cukup mahal dan umumnya dibeli oleh para kolektor. Emas dekoratif ini paling banyak di produksi oleh perusahaan Swiss.

Pendant Gold Bar
Emas logam mulia juga sering diperdagangkan dalam bentuk liontin yang dalam bahasa Inggris disebut pendant gold bar. Seperti pada emas batangan lain, semua data dan spesifikasi emas mulia dibubuhkan di atas liontin tersebut. Pendant gold bar juga disertai sertifikat. Bentuk ini sering dipakai sebagai hadiah di sejumlah negara Eropa.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.