Cegah Pencurian Identitas Kartu Kredit Anda Sebelum Kecolongan!

By on 9 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 4.020 kali
Cegah Pencurian Identitas Kartu Kredit Anda Sebelum Kecolongan!

Edukasi – Kriminalitas pada kartu kredit sudah sangat biasa bahwa pencurian identitas juga menjadi salah satu kejahatan yang paling umum yang dilakukan hari ini. Tingkat keparahan masalah ini telah meledak di luar proporsi dan ratusan juta hingga miliaran rupiah setiap tahun dicuri karena ini.

Banyak upaya untuk mengekang kenaikan pencurian identitas tetapi tidak membuat para pelakunya kapok. Sementara kita memiliki undang-undang yang membantu kita untuk menjadi korban dan juga menghukum mereka yang tertangkap dan terbikti melakukan pencurian indentitas, maka terserah kepada kita untuk melindungi diri dari pencurian identitas. Dan salah satu cara yang paling efektif dan termudah untuk melakukannya adalah dengan melindungi kartu kredit kita.

Ini bukan waktu untuk panik. Pencurian identitas dapat diatasi dan dicegah. Yang harus Anda lakukan adalah untuk memastikan bahwa kartu kredit Anda dan informasi kartu kredit Anda tidak diketahui sembarang orang. Ada tindakan pencegahan yang cukup  sederhana yang dapat dilakukan untuk menjamin keamanan kartu kredit Anda.

Pertama, selalu mengetahui di mana kartu kredit Anda. Jika mungkin, jangan pergi berbelanja dengan membawa semua kartu kredit Anda. Ini dapat menimbulkan kebingungan. Hanya bawa kartu yang Anda anggap paling utama. Ketika membayar dengan kartu kredit Anda, jangan pernah membiarkan kartu tersebut lolos dari pandangan Anda. Pastikan bahwa kartu Anda akan dikenakan biaya dalam tampilan polos Anda. Beberapa orang mungkin menyalin informasi serta nomor jaminan penting di belakang kartu dan menggunakannya melalui internet.
Hafalkan PIN Anda (Nomor Identifikasi Pribadi) dan jangan mempercayakan kartu tersebut kepada siapapun. Orang mungkin menggunakan kartu kredit Anda untuk menarik uang. Jadi jika Anda telah menerima kartu kredit Anda pastikan untuk menghafal dan cepat menghancurkan kertas di mana tertulis PIN Anda. Juga, pastikan untuk tidak menuliskan PIN Anda dan menyimpannya dalam dompet Anda. Kartu kredit Anda dan PIN tidak boleh bersama-sama dalam satu tempat.  Bila Anda kehilangan dompet Anda, orang yang menemukan itu akan menemukan kesulitan menggunakannya tanpa PIN. Pastikan untuk melaporkan kartu kredit dicuri atau hilang segera, ini akan mencegah disalahgunakan oleh siapapun.

Berhati-hatilah pula atas email yang meminta Anda untuk memberikan  rincian dan informasi kartu kredit Anda. Ini disebut phishing, ada sejumlah scammers di internet yang akan menggunakan email sebagai sarana untuk melakukan scam kepada Anda supaya uang Anda dapat mereka curi. Anda mungkin berpikir bahwa email itu berasal dari bentuk usaha terkemuka atau lembaga keuangan yang menawarkan penawaran hebat namun mereka mungkin hanya berasal dari orang-orang menipu. Pastikan untuk menghapus jenis email semacam ini dan jangan pernah memberikan informasi untuk itu.

Salah satu cara yang bagus untuk memeriksa apakah Anda sudah menjadi korban pencurian identitas adalah dengan memeriksa laporan kredit Anda sekali-sekali. Melakukan ini tidaklah menjadi masalah karena dapat dilakukan secara online dan juga gratis. Anda dapat menemukan sejumlah situs yang dapat memberikan informasi ini. Jadi waspada dan lindungi identitas Anda dengan melindungi kartu kredit Anda.

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.