Cara Trading Aman II

By on 22 April 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3.096 kali

Edukasi – Apa kabar? Ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya mengenai cara trading yang aman. Silahkan disimak!

Keamanan Akselerasi

Apa maksud keamanan akselerasi? Artinya apapun yang membuat trading Anda terakselerasi dengan cepat dan mudah harus dijaga keamanannya.

1. Koneksi Internet
Pilih layanan dengan koneksi internet yang stabil karena dalam platform-platform tertentu jika koneksi putus akan berarti kehilangan modal yang telah Anda pertaruhkan dalam trading yang sedang berjalan. Layanan dengan kabel optik selama ini dianggap sebagai salah satu yang paling stabil.  Jika tidak menggunakan modem kecil sudah dapat membantu asal Anda tidak terlalu pelit memilih paket langganan yang tepat yang sekiranya tidak membuat lambat saat loading atau tidak menimbulkan lagging saat memuat chart / grafik atau saat melakukan eksekusi karena jika market volatile, entry point Anda dapat melompat dari yang Anda harapkan hanya karena si lola datang (loading lama).

2. Penggunaan UPS untuk Komputer
Jika urusan koneksi telah teratasi, bukankah masih ada kendala dengan urusan listrik? Bagaimana jika sewaktu-waktu listrik meninggal dunia eh padam maksudnya? Jangankan kita, karyawan PLNpun tak dapat menjamin listrik akan menyala terus. Jadi apa solusinya? Gunakan UPS sehingga saat listrik padam trading yang sedang berlangsung tidak merugi. Kita masih punya waktu beberapa menit untuk melakukan apa yang kita inginkan.

3. Penggunaan VPS
VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. VPS terbebas dari masalah-masalah yang berhubungan dengan koneksi internet atau listrik padam. Artinya walaupun listrik padam, trading kita yang sedang berjalan akan tetap berjalan di alam maya sana  atau bahasa bulenya ‘in the cloud’. Biasanya orang menggunakan VPS untuk menghindari kendala akselerasi dan untuk robot trading. Namun salah pilih VPS juga malah dapat menjadi kendala akselerasi baru lantaran terkadang penggunaan VPS membuat loading menjadi lebih lambat. Oleh karena itu jangan asal pilih VPS murah. Pilihlah VPS yang walaupun harganya lebih mahal namun dapat menjamin tidak ada kendala akselerasi.

Keamanan Strategis

Keamanan strategis menyangkut strategi apa yang Anda gunakan supaya meskipun terkadang Anda loss dalam melakukan trading, Anda tidak akan cepat kehilangan modal. Tipsnya adalah:

1. Jangan gunakan modal Anda lebih dari 10% tiap kali melakukan eksekusi. Penulis pribadi hanya menggunakan 1% hingga 5% dari modal tiap melakukan eksekusi. Dalam hal ini penulis menganut ungkapan ‘low risk low return’, jadi walaupun return rendah, trading dapat berjalan untuk jangka panjang.

2. Gunakan strategi trading yang tingkat profitabilitasnya di atas 60%, syukur jika Anda menemukan salah satu yang tingkat profitabilitasnya mencapai 70%. Dengan demikian Anda tidak merisikokan modal Anda dengan cara Martingale (menggandakan modal jika kalah). Anda cukup melakukan trading dengan cara flat yaitu modal tetap apapun yang Anda alami, profit atau loss. Jika memungkinkan untuk menguji strategi dengan akun demo, cobalah terlebih dahulu dengan akun demo barang 1 atau 2 bulan.

3. Compound  dengan cara meningkatkan stake atau jumlah modal yang akan Anda pertaruhkan dua kali lipat ketika modal awal meningkat setidaknya 10 kali lipat. Anda dapat melakukan compound saat modal awal meningkat kurang dari 10 kali lipat, namun ini belum tentu aman kecuali Anda yakin bahwa strategi Anda cukup profitable di atas 80%.

4. Gunakan stop loss. Untuk yang sangat konservatif, stop loss akan dipasang sama dengan  entry point saat dia menjual atau membeli atau melakukan short sell. Ini jelas sangat mengurangi risiko namun akan sangat memakan waktu terutama jika market sedang volatile. Ada juga yang menggunakan stop loss dengan syarat pips terkecil yang diperbolehkan broker, atau memberikan sedikit jarak untuk memberikan kesempatan market bervolatile.
Berani menggunakan cut loss. Cut loss kadang-kadang dibutuhkan di tengah-tengah trading saat Anda melihat market tidak bersahabat. Gunakan ini untuk menyelamatkan modal Anda terpotong lebih banyak.