Cara Mengklaim Asuransi Kesehatan

By on 22 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.650 kali
Asuransi Kesehatan

Perencanaan Keuangan & Asuransi – Bagi Anda pemegang polis asuransi, mungkin masih bingung bagaimana cara mengklaim asuransi. Berikut kami berikan cara untuk mengajukan klaim asuransi kesehatan:

1. Menggunakan kartu. Ada perusahaan asuransi yang mengeluarkan kartu asuransi kesehatan dan memberikan list rumah sakit yang menjadi provider dimana kartu tersebut dapat digunakan dan biaya perawatan akan ditagih langsung dari perusahaan asuransi. Kartu asuransi ini dapat digunakan untuk rawat inap di rumah sakit dan rawat jalan dan jenis pelayanan kesehatan yang termasuk dalam pertanggungjawaban perusahaan asuransi sesuai dengan ketentuan polis.

Dengan memiliki kartu ini, pemegang polis tidak perlu mengeluarkan uang ketika masuk rumah sakit. Jika biaya perawatan melebihi batas maksimal yang tertera dalam polis, perusahaan asuransi akan menagihnya pada pemegang polis. Tapi, rumah sakit yang dapat dikunjungi itu terbatas. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari tahu rumah sakit provider seperti jarak dari rumah, reputasi rumah sakit, pelayanan kesehatan yang tersedia,  sebelum membuat keputusan untuk membeli polis asuransi.

2. Reimbursement. Dengan cara ini, pemegang polis dapat dengan leluasa memilih rumah sakit yang ingin dituju. Namun, pemegang polis harus menanggung semua biaya rumah sakit sebelum mengajukan klaim asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi. Setelah itu, baru mengisi form, menyerahkan kuintansi asli pembayaran tagihan rumah sakit dan dokumen-dokumen lain yang diperlukan kepada perusahaan asuransi. Kemudian, biaya perawatan akan direimburse sesuai dengan plan yang dimiliki. Supaya klaimnya cepat disetujui, Anda harus mengisi formulir klaim dengan benar, lengkap dan memberikan semua dokumen yang diperlukan.

 

Sumber: www.dompetpintar.com

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.