Cara Investasi Emas yang Aman Dan Menguntungkan

By on 14 Desember 2015 | Artikel ini Sudah di baca 511 kali

Investasi Emas – Cara investasi emas merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui masyarkat yang mana ingin berinvestasi emas, hal tersebut tentu saja untuk meminimalisir resiko kerugian dalam berinvestasi emas itu sendiri karena tak jarang sebagian dari masyarakat gagal dalam berinvestasi emas. Kesadaran dan juga antusias dari masyarakat Indonesia akan investasi emas sekarang ini memang sangat layak untuk diacungi jempol, hal tersebut karena sudah banyak masyarakat yang sadar bahwa berinvestasi emas merupakan salah satu hal yang sangat penting karena untuk di masa depan nantinya. Sebagian besar masyarakat memilih untuk berinvestasi / menabung emas karena nilainya yang semakin tinggi dan tidak akan mungkin rugi, oleh karena itulah sudah sejak dulu investasi emas menjadi primadona di kalangan masyarakat. Terlebih lagi jika suatu saat membutuhkan dana yang lebih, maka emas tersebut dapat dengan mudah dijual, tidak seperti properti yang mana harus menunggu orang yang mau untuk membelinya. Namun terkadang sebagian masyarakat bingung untuk mulai investasi emas karena sering kali melakukan beberapa kesalahan di dalam berinvestasi emas.

Kesalahan Dalam Investasi Emas

Emas sendiri memang dinilai menjadi investasi yang menguntungkan jika dibandingkan dengan yang lainnya, hal tersebut karena memiliki potensi yang lebih aman, meskipun demikian, terkadang memang ada beberapa kerugian yang dapat dilakukan oleh masyarakat secara tidak sengaja. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Yang pertama adalah membeli emas tanpa disertai dengan fisiknya, hal ini berarti berinvestasi emas secara online, yang mana teknologi sudah semakin canggih sehingga investasi dapat dilakukan secara online juga, namun hal ini tentu saja sangat beresiko. Banyak pihak yang menawarkan berbisnis emas tanpa disertai dengan bentuk fisiknya sehingga nantinya emas tersebut akan disimpan oleh pihak yang menawarkan investasi itu sendiri.
  2. Kemudian yang kedua adalah membeli emas dalam bentuk perhiasan, jika memang tujuan Anda ingin berinvestasi, maka sebaiknya pilih logam mulia murni atau emas Antam dan emas batangan. Jika Anda berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, maka nantinya akan ada biaya untuk pembuatan, kemudian pada saat pembelian dan juga saat dijual karena tidak hanya menghitung kadar dan beratnya saja, melainkan juga pembuatannya, semakin sulit pembuatannya maka semakin besar ongkos yang dikeluarkan.
  3. Lalu yang ketiga adalah sembarangan di dalam menyimpan emas, jika Anda ingin berinvestasi, maka simpan emas tersebut secara benar dan dijaga dengan baik. Pilih tempat yang aman, dan jika emas yang Anda miliki sudah banyak, maka ada baiknya jika Anda menitipkan emas tersebut ke bank ataupun pegadaian yang memiliki kualitas baik serta dapat mengambilnya kapanpun Anda butuhkan.
  4. Selain itu bisa juga karena membeli atau menjual emas pada waktu yang tidak tepat.

Cara Aman Investasi Emas

Itulah beberapa masalah dan kesalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam berinvestasi emas. Oleh karena itu agar sukses dalam berinvestasi emas, maka Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti Anda bisa membeli emas tersebut jika harga sudah mulai turun, kemudian jika memang ingin menjualnya kembali, maka tunggu sampai harga emas sedang naik / tinggi. Kemudian yang kedua adalah dengan membuat tabungan emas dan juga asuransi emas, lalu bisa juga dengan dijadikan sebuah modal usaha. Tetapi cara investasi emas yang paling aman sendiri adalah dengan ditabung dan menggunakan cara yang klasik yaitu menunggu waktu yang tepat di dalam membeli dan menjual emas tersebut. Jadi memang ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa cara investasi emas.