Cara Cerdas Investasi Properti untuk Hasil Maksimal

By on 1 Oktober 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3.153 kali
Properti

Cara Cerdas Investasi Properti untuk Hasil Maksimal

Diperlukan cara cerdas investasi properti kalau Anda menginginkan hasil maksimal dari sebuah investasi yang sebenarnya tidak ada rugi. Namun tentu kita tidak mau hanya sekadar “tidak rugi”, bukan? Oleh karena itu, mari melihat cara cerdasnya untuk memaksimal keuntungan dari investasi properti yang Anda lirik:

Memilih Tanah yang Berprospek Setinggi-tingginya

Adalah penting sebelum memutuskan untuk membeli sebidang tanah, Anda memerhatikan hal-hal penting berikut ini:

1. Lokasi lahan
Penting untuk mendapatkan lokasi lahan yang tepat. Tujuannya supaya dapat menghasilkan secara produktif dan kontinu.

2. Harga
Dikatakan sangat untung apabila Anda mampu memperoleh tanah dengan harga yang berada di bawah angka NJOP atau Nilai Objek Pajak. Bagaimana caranya? Cari tanah yang dijual dengan label “butuh uang”!

3. Fungsi lahan
Namun tak kalah penting pula untuk memikirkan terlebih dahulu apa fungsi lahan tersebut. Jadi, kita sudah punya tujuan sehingga lahan nantinya bisa efektif untuk diproduksikan.

4. Keamanan dan legalitas

Faktor vital dan merupakan cara cerdas investasi properti adalah periksa bahwa lahan memang legal sehingga tidak menimbulkan masalah hukum nantinya. Jangan mau membeli tanah sengketa dan cek semua dokumennya. Kemudian, perhatikan pula soal keamanan dengan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya penyerobotan tanah. Anda bisa membuat pagar pada tanah.

Cara Cerdas Investasi Properti: Produktif

Nah, setelah mendapatkan lahan / properti yang cocok dan sudah fixed terkait legalitas dan sebagainya, saatnya memaksimalkan keuntungan. Sayang sekali apabila properti hanya dijadikan “tabungan”. Untuk itu, Anda bisa melakukan cara cerdas investasi properti berikut ini:

1. Menanami tanah dengan tanaman yang menghasilkan
Pilih saja tanaman yang sederhana namun menghasilkan keuntungan. Memangnya ada? Ada! Tanaman seperti pisang, ubi dan jagung tidak merepotkan namun keuntungannya jangan tanya!

2. Memelihara hewan
Kalau kondisinya cocok, Andapun bisa memelihara hewan di lahan tersebut. Bahkan tidak hanya itu, menggabungkan antara menamai tanah dan memelihara hewan di atas satu lahanpun bisa menjadi opsi terbaik apabila memungkinkan.

3. Membangun rumah untuk dikontrakkan
Manusia membutuhkan tempat tinggi. Jika lokasi strategis atau bergantung pada lokasi lahan Anda, Anda bisa membangun rumah di atas lahan tersebut untuk kemudian dikontrakkan. Atau, beberapa orang sekarang lebih tertarik untuk menyulap rumah menjadi kos-kosan karena keuntungannya yang lebih daripada mengontrakkan rumah.

4. Tanah kaplingan
Kalau lahan Anda memang sangat luas yakni ukuran hektar maka Anda bisa mengolahnya menjadi tanah kaplingan. Untungnya tentu berlipat dan Anda tidak perlu “kehilangan” seluruh tanah yang Anda miliki.

Punya cara cerdas investasi properti lainnya? Ya, ada banyak lagi peluang-peluang yang bisa Anda lakukan dengan investasi properti yang Anda miliki. Yang penting, tetapkan tujuan Anda harus punya satu properti – mulai dari sekarang! Investasi properti tidak pernah rugi. Salam sukses!