Bursa Saham Menghijau, Emas Tembus di Bawah 1.300

By on 24 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.021 kali

Emas – Emas melemah diperdagangan sesi Asia pagi ini, menembus di bawah level $1.300 akibat peningkatan risk appetite investor sehingga mengurangi permintaan emas sebagai safe haven. Hingga hari ini emas telah melemah dalam tiga hari beruntun.

Peningkatan risk appetite membuat bursa saham Asia berada di zona hijau pada perdagangan hari ini. Sentimen positif datang dari China yang mencatat kenaikan aktivitas manufaktur. HSBC melaporkan perkiraan awal indeks aktivitas manufaktur di bulan Juli sebesar 52,0, naik dari bulan sebelumnya sebesar 50,7, dan lebih tinggi dari estimasi ekonom sebesar 51,0. Angka di bulan Juli tersebut juga merupakan level tertinggi dalam 18 bulan terakhir. Kenaikan tersebut dipicu oleh peningkatan pesanan baru, baik pesanan untuk ekspor maupun secara keseluruhan lebih tinggi dari bulan Juni.  Data tersebut memberikan optimism ekonomi terbersar kedua tersebut akan bangkit dan mampu mencatat pertumbuhan 7,5% di tahun ini.

Sementara itu China yang pada tahun lalu mengambil alih tahta India sebagai konsumen emas terbesar di dunia dilaporkan mengalami penurunan konsumsi emas sebesar 19% pada semester pertama tahun ini. Emas saat ini diperdagangkan pada kisaran $1.297,56 per troy ons, dengan level tertinggi harian $1.305,09 dan terendah $1.296.14.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.