Bisnis Franchise, Bisnis yang Menguntungkan

By on 19 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.747 kali
Bisnis Franchise

Bisnis FranchiseStart-Up Bisnis – Bisnis franchise adalah salah satu bisnis yang sedang digemari masyarakat saat ini. Terutama bagi mereka yang belum mempunyai pengalaman berbisnis, mengambil franchise adalah salah satu solusi untuk mengurangi resiko dalam berbisnis. Di luaran sana, ada beberapa peluang bisnis franchise yang menjanjikan. Seperti dilansir dari studentpreneur.co telah disusun beberapa rekomendasi bisnis franchise yang layak untuk Anda jajaki. Namun, sebelum itu, mari kita bahas juga tentang kenapa beberapa jenis franchise ini kami rekomendasikan.

Ada ribuan franchise beredar di Indonesia. Mulai dari franchise seharga beberapa ratus ribu rupiah sampai yang berharga ratusan juta rupiah. Mulai dari franchise lokal sampai franchise dari luar negeri. Dari sekian banyak franchise tersebut, ada beberapa poin yang harusnya Anda pertimbangkan sebelum memilih untuk membeli suatu franchise.

Passion Anda

Meskipun terkesan setelah mengambil sebuah franchise maka bisnis tersebut bisa jalan sendiri, kenyataannya tidak Sobat Studentpreneur. Apabila ditelusuri, kegagalan pengambil franchise paling besar diakibatkan oleh kurangnya komitmen dari orang tersebut. Apabila Anda tidak suka minum kopi, maka mengambil sebuah franchise kafe kopi adalah ide yang sangat buruk. Meskipun Anda suka uangnya, Anda tidak akan bekerja sekeras apabila Anda bekerja untuk bidang yang Anda cintai. Prinsip bisnis franchise hampir sama dengan bisnis biasa. Jadi, passion juga berperan penting terhadap keberhasilan bisnis franchise Anda.

Layanan Pendukung yang Diberikan Franchise Tersebut

Tiap master franchise mempunyai tingkat supportnya sendiri-sendiri. Terkadang, hal buruk dari franchise kecil yang kurang professional adalah burukunya dukungan dari franchise. Hal paling bodoh yang bisa dilakukan oleh pembeli franchise adalah membeli franchise yang hanya memberi izin pemakaian nama saja. Anda tidak akan bisa sesukses master franchise tanpa dukungan menyeluruh, mulai dari bantuan stok bahan, bumbu (kalau makanan), hingga pelatihan karyawan dan standard pelayanan yang juga diterapkan oleh master franchise-nya.

Rekomendasi Dari Pengambil Franchise Sebelumnya

Sebelum memutuskan untuk mengambil franchise, ada baiknya Anda mencari informasi tentang siapa saja yang sudah mengambil franchise tersebut. Caranya sangat mudah, pergi saja ke salah satu cabang franchise, lalu berusahalah untuk mendapatkan kontak pemiliknya. Tanyai pemilik bisnis franchise tersebut tentang berbagai hal, mulai dari layanan pendukung, sistem pembayaran, dan tips-tips tambahan yang mungkin berguna apabila Anda jadi mengambil franchise tersebut.

Harga Sebuah Franchise

Harga sebuah franchise akan berkaitan erat dengan angka kembalinya modal Anda. Ini juga berkaitan dengan seberapa besar uang yang sedang Anda punyai. Idealnya, Anda hanya membeli franchise yang harganya maksimal setengah dari uang yang Anda punyai. Sehingga, apabila ada hal-hal tambahan atau bisnis franchise tidak berjalan semestinya, Anda punya dana cadangan untuk bisa terus bernapas.
Rekomendasi franchise dari tim Studentpreneur telah mempertimbangkan beberapa poin tersebut. Franchise-franchise ini telah memberikan dukungan luar biasa ke pengambil franchise, mendapatkan rekomendasi baik dari pemegangnya, dan mempunyai harga yang layak berdasarkan angka balik modalnya. Ini dia peluang bisnis franchise yang menjanjikan berdasarkan kategori bisnisnya versi Studentpreneur:

– Bisnis Franchise Restoran

Untuk bisnis franchise restoran, ada beberapa restoran yang layak Anda ambil franchisenya. Namun, tim Studentpreneur menjatuhkan pilihan pada Restoran Sederhana yang menyajikan aneka masakan padang. Di berbagai kota, Restoran Sederhana terbukti sangat ramai meskipun banyak bisnis masakan padang kecil lainnya. Selain itu, harga pembelian franchise Restoran Sederhana sangat murah apabila dibandingkan dengan yang lain. Hanya dengan 95 Juta Rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan franchise tersebut. Tentunya di luar itu, Anda juga harus berinvestasi tempat yang strategis, salah satu syarat yang diterapkan oleh master franchise Restoran Sederhana.

– Bisnis Franchise Kopi

Gaya hidup anak muda Indonesia di kota besar saat ini tidak lepas dari kopi. Hal ini ditangkap baik oleh Coffee Toffee, bisnis franchise kopi yang kami rekomendasikan. Coffee Toffee menjadi merk kafe kopi lokal yang mampu bersaing dengan merk luar seperti Starbucks. Harga untuk mengambil Coffee Toffee juga relatif terjangkau dibandingkan apabila Anda mengambil franchise asing, sekitar 10 kali lipat lebih murah. Coffee Toffee mengambil market sedikit di bawah merk asing, untuk membawa budaya minum kopi ke anak muda Indonesia dengan tingkat ekonomi menengah, bukan hanya level ekonomi atas.

– Bisnis Franchise Gerobak

Bagi yang tidak mempunyai modal besar, bisnis franchise gerobak bisa menjadi alternatif menarik. Untuk kategori ini, kami merekomendasikan Kebab Turki Baba Rafi. Selain harganya yang relatif murah, kebanyakan angka balik modal berhasil didapatkan dalam waktu 1 tahun, waktu yang terhitung singkat untuk bisnis franchise. Meskipun mulai menjamur franchise kebab serupa, merk Kebab Turki Baba Rafi masih cukup kuat di benak masyarakat.

 – Bisnis Franchise Jasa

Untuk kategori bisnis franchise jasa, Studentpreneur merekomendasikan Tiki JNE sebagai peluang bisnis franchise yang menjanjikan. JNE telah menjadi top of mind di masyarakat untuk kategori pengiriman barang. Dengan semakin besarnya industri bisnis online, maka bisnis jasa pengiriman juga akan menjadi besar. Kerjasama JNE dengan Kantor Pos Indonesia juga membuat mereka mampu melebarkan area kirimannya. Biaya investasi total untuk mengambil franchise JNE masih di bawah 100 juta, jadi cocok bagi Anda dengan modal yang tidak terlalu besar.

Perlu diingat, meskipun mengambil bisnis franchise, tetap saja Anda harus bekerja sangat keras untuk membuatnya sukses.

 

 

 

Sumber: studentpreneur.co