Bisa Ga Ya, Karyawan Beli Rumah Tanpa KPR?

By on 1 September 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.834 kali
House

Memiliki rumah sendiri adalah idaman setiap keluarga. Dengan KPR, masyarakat dimudahkan untuk memiliki rumah sendiri. Namun tanpa KPR, agak lebih sulit untuk memiliki rumah.

Kita bisa saja mengajukan pinjaman lain, misalnya Kredit Tanpa Agunan (KTA). Namun perlu diingat, KTA memiliki bunga yang sangat tinggi. Jika per bulannya bunga KTA 1,5-2%, maka per tahun bunganya bisa mencapai 18-24%. Sedangkan bunga KPR antara 8-13%.

Yang perlu Kita perhatikan adalah besarnya cicilan setiap bulannya. Sangat disarankan besarnya cicilan setiap bulannya adalah 30% dari penghasilan utama, yaitu penghasilan Kita. Jika penghasilan Kita Rp 4 juta per bulan, maka maksimal cicilan yang dapat Kita bayar setiap bulannya adalah Rp 1,2 juta.

Dengan maksimal cicilan per bulan Rp 1,2 juta, maka pinjaman yang bisa Kita dapatkan berkisar di bawah Rp 50 juta. Berarti ada selisih Rp 150 – 200 juta yang harus Kita kumpulkan untuk menutupi harga rumah tersebut.

Bila tabungan Kita saat ini belum mencapai nilai tersebut, ada beberapa alternatif yang dapat Kita lakukan.

Pertama, mengganti target rumah, yaitu lokasinya. Saat ini banyak rumah-rumah berharga di bawah Rp 200 juta di kota-kota satelit di luar Jakarta yang dapat dibeli dengan KPR.

Hal ini tentu akan lebih memudahkan Kita dari segi cicilan. Konsekuensinya tentu adalah adanya ongkos transportasi yang lebih tinggi dibandingkan rumah di tengah kota.

Kedua, Kita dapat mencari penghasilan tambahan untuk menabung membeli rumah yang Kita inginkan. Namun ingat bahwa semakin lama menabung maka harga rumah pun akan semakin tinggi.

Selamat membeli rumah!

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.