Berinvestasi CFD, Keuntungan Apa yang Diperoleh?

By on 28 Januari 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.446 kali
CFD-Trading

Berinvestasi CFD, Keuntungan Apa yang Diperoleh?

Investasi Saham – Beberapa orang mungkin tertarik dan berpikir untuk melakukan investasi CFD. Sebenarnya, apa sih CFD itu? Kepanjangan dari CFD adalah Contract for Difference. Instrumen yang sudah ada diturunkan menjadi produk derivatif, yang salah satunya adalah CFD. Produk ini menngunakan konsep margin trading, sehingga investor hanya memerlukan skala modal yang jauh lebih kecil. Namun, keuntungan dan kerugian yang didapat sama saja dengan perdagangan saham riil. Seperti produk derivatif lainnya, CFD juga memerlukan kontrak karena sama sekali tidak memerlukan aset. Beberapa orang belum begitu mengerti tentang investasi CFD, keuntungan apa yang diperoleh?

Banyak keuntungan yang didapatkan dari CFD, termasuk manfaat dividen. Investor CFD bisa mendapatkan pembagian laba layaknya seorang pemegang saham. Selain capital gain yang bisa didapatkan ketika menjual, investor CFD bisa memperoleh dividen. Namun tidak semua perusahaan futures dapat membagikan dividen. Pembagian laba ini hanya dapat dilakukan oleh perusahaan futures yang memiliki prospek cerah dan kemampuan laba yang tinggi.

Dalam pembagian dividen saham dan CFD, banyak ditemukan perbedaan. Misalnya saja terdapat beban pajak sebesar 30% dari dividen yang diterima untuk saham AS, namun hal ini tidak berlaku pada CFD nya. Pemegang saham bisa mendapat dividen dalam waktu sebulan setelah ex-dividend karna harus melakukan proses yang cukup rumit. Berbeda dengan CFD yang dividennya akan dibagikan pada tanggal ex-devidend. Untuk dapat mengambil manfaat dividen ini, posisi buy CFD harus terbuka sebelum tanggal ex-devidend. Jumlah dividen yang diterima juga dihitung menurut nilai saham atau nilai kontrak originalnya, dan bukan berdasarkan margin atau leverage. Melalui CFD, Anda bisa menggunakan jumlah modal yang setara dengan transaksi saham untuk melipatgandakan jumlah dividen yang Anda terima.

Selain memberikan manfaat untuk pemegang CFD, nyatanya dividen juga bisa menguntungkan perusahaan futures yang membagikannya. Pasar CFD akan percaya jika perusahan futures tersebut memiliki prospek cerah dan bisa mempertahankan kebijakan dividennya. Harga saham sebuah perusahaan akan semakin tinggi, jika prospek perusahaan tersebut semakin menjanjikan.

Masalah pembiayaan bunga adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan bagi para pemegang CFD. Biaya bunga yang Anda harus bayar akan semakin besar jika Anda mempertahan posisi CFD dalam waktu yang cukup lama. Namun pada dasarnya, investasi CFD ini sangatlah menguntungkan. Jika Anda masih menanyakan mengenai investasi CFD, keuntungan apa yang diperoleh, sepertinya Anda harus merasakannya secara langsung. CFD memang turunan dari saham, namun keuntungan yang didapatkan bisa setara dengan saham atau justru lebih banyak, mengingat adanya fasilitas short sell pada CFD dan tidak adanya tanggal kadaluarsa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.