Berikut Cara Agar Pengajuan Kartu Kredit Disetujui

By on 31 Agustus 2015 | Artikel ini Sudah di baca 748 kali

Perencanaan Keuangan – Saat ini, kartu kredit telah menjadi suatu kebutuhan dan bagian dari gaya hidup banyak orang. Oleh karena itu, setiap bank berlomba-lomba memberikan berbagai penawaran untuk menarik minat pelanggan membuat kartu kredit baru.

Sayangnya, pengajuan kartu kredit tidak selalu berhasil, atau ditolak. Namun, jangan patah semangat. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu Anda memperoleh persetujuan atas pengajuan pembuatan kartu kredit yang diimpikan. (Baca juga: Wajib Diketahui Apa Saja Biaya Kartu Kredit)

1. Cari tahu penyebab ditolaknya pengajuan

Bank yang menawarkan fasilitas kartu kredit tentunya sangat berhati-hati dalam menyeleksi calon pelanggannya. Sebab, banyak aplikasi yang masuk setiap harinya. Tak jarang pihak bank menolak pengajuan yang tidak memenuhi syarat.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dihindari agar tidak mengalami penolakan aplikasi kartu kredit.

Memberikan informasi palsu

Kesalahan ini biasanya dibuat atas alasan pribadi, misalnya Anda menutupi bahwa Anda baru saja kehilangan pekerjaan dan tidak lagi memiliki penghasilan. Hal ini akan terbongkar ketika bank melakukan verifikasi ke perusahaan tempat bekerja dan menemukan bahwa Anda tidak lagi bekerja di kantor tersebut. Selanjutnya pihak bank akan langsung menolak pengajuan kartu kredit Anda. (Baca juga: Tentukan Waktu yang Tepat Kapan Gunakan Kartu Kredit Atau Uang Tunai!!)

Adanya kesalahan pada laporan keuangan

Hal ini sering terjadi pada calon pelanggan yang memiliki nama umum, atau nama yang banyak dipakai. Adanya kemiripan atau kesamaan nama ini terkadang membuat bank salah mengecek laporan kredit Anda. Bahkan terkadang Anda dibebankan tagihan yang belum dibayar, padahal sebenarnya akun yang dimaksud bukan milik Anda.

Jika hal ini yang mengakibatkan ditolaknya pengajuan kartu kredit, Anda dapat segera menghubungi kembali pihak bank yang bersangkutan untuk memberikan konfirmasi.

Adanya masalah dalam riwayat kerja Anda

Jika Anda baru saja mengundurkan diri atau dipecat dari pekerjaan yang lama, sebaiknya tunggulah sampai Anda memperoleh pekerjaan baru sebelum melakukan pengajuan pembuatan kartu kredit, karena pihak bank akan meneliti riwayat pekerjaan dan jumlah penghasilan Anda. Ketika telah memperoleh pekerjaan baru pun, Anda masih perlu menunggu hingga enam bulan bekerja sebelum dapat mengajukan aplikasi.

Adanya masalah keuangan

Banyak hal yang menjadi alasan bagi seseorang untuk mengajukan pembuatan kartu kredit, mulai dari yang sekadar memudahkan transaksi, hingga untuk menutupi hutang-hutangnya. Alasan yang terakhir ini sebenarnya paling berisiko, sebab pihak bank akan melihat kondisi keuangan Anda saat mengajukan kartu kredit.

Jika Anda memiliki banyak tanggungan utang dan tunggakan cicilan kartu kredit di masa lampau, bahkan mengharap pertolongan kartu kredit akibat terlilit krisis keuangan, maka sudah jelas aplikasi kartu kredit Anda akan ditolak. Sehingga, sebaiknya Anda memiliki catatan keuangan yang bersih agar nantinya selalu mudah memperoleh persetujuan aplikasi kartu kredit.

2. Perhatikan pemakaian kartu kredit Anda

Apabila Anda telah memiliki kartu kredit sebelumnya dan tidak pernah terjadi masalah dalam hal pemakaian maupun pembayarannya, maka Anda akan lebih mudah memperoleh persetujuan kartu kredit. Untuk membantu Anda memperoleh persetujuan atas aplikasi yang Anda ajukan, berikut ini beberapa faktor yang harus Anda penuhi.

Bayarlah setiap tagihan lebih awal atau tepat waktu

Dengan membayar tagihan tepat waktu, bahkan lebih awal sebelum jatuh tempo, hal ini akan memberikan catatan kredit reputasi yang baik di mata bank. Untuk mempermudah pembayaran, dapat mengajukan pembayaran secara otomatis yang langsung ditarik dari rekening tabungan. Dengan demikian Anda akan terhindar dari keterlambatan pembayaran dan penunggakan cicilan yang dapat mengakibatkan laporan keuangan yang buruk di mata bank.

Gunakan kartu kredit sesuai kebutuhan

Berhati-hatilah dalam dalam menggunakan kartu kredit, karena pihak bank akan selalu memantau pemakaian kartu kredit setiap bulannya. Apabila jumlah transaksi melebihi batas yang ditetapkan, tentunya akan membuat pihak bank menjadi lebih waspada terhadap setiap transaksi yang Anda lakukan.

Apalagi bila catatan pembayaran kartu kredit sering mengalami keterlambatan. Hal ini akan menghambat proses persetujuan saat nantinya Anda ingin mengajukan pembuatan kartu kredit lagi.

Pikirkan dengan matang sebelum menutup kartu kredit

Ketika kartu kredit yang Anda gunakan sudah terlalu banyak dan dirasa memenuhi dompet, kemudian Anda berniat untuk menutup beberapa di antaranya, lebih baik janganlah menutup kartu kredit yang memiliki catatan kredit yang baik, melainkan tutuplah kartu dengan saldo terbanyak sehingga utang tidak menumpuk.

Dengan demikian, bank akan melihat bahwa kartu kredit yang masih Anda gunakan memiliki reputasi yang baik sehingga nantinya akan lebih memudahkan memperoleh persetujuan aplikasi kartu kredit di masa mendatang.

Pilihlah kartu kredit sesuai kebutuhan

Langkah yang tidak kalah penting untuk membantu memperoleh persetujuan atas pengajuan kartu kredit ialah dengan mencari kartu kredit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Ketika pengajuan ditolak, Anda dapat kembali mengajukan aplikasi ke bank yang sama minimal enam bulan setelahnya.

Sebelumnya Anda perlu mempertimbangkan bahwa kartu kredit pilihan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Hindari memaksakan diri dengan memilih aplikasi kartu kredit dengan saldo tinggi apabila tidak sesuai dengan kemampuan membayar.

Ada baiknya mencari referensi sebanyak-banyaknya mengenai kartu kredit, dan carilah yang paling tepat sesuai kebutuhan. Misalnya, jika senang bepergian menggunakan jasa pesawat, pilihlah kartu kredit yang menawarkan airline miles atau cashback.

Jika Anda sering bersantai di restoran atau kafe, maka pilihlah kartu kredit yang banyak bekerja sama dengan tenant kuliner. Cari juga kartu kredit yang memiliki suku bunga rendah agar tidak memberatkan tagihan pembayaran Anda nantinya.

 

Sumber: Cermati