Berbagai Jenis Asuransi Perlindungan Keluarga

By on 28 Agustus 2015 | Artikel ini Sudah di baca 583 kali

Asuransi – Sebelum menentukan asuransi apa yang sekiranya penting untuk hidup kita ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenaiberbagai jenis asuransi perlindungan keluarga dan apa saja manfaat yang dapat kita rasakan kelak jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Pada dasarnya sebuah asuransi telah dikelompokkan menjadi tiga kategori ialah asuransi jiwa, asuransi kerugian dan asuransi kehilangan. Istilah dari asuransi dapat dijabarkan sebuah tindakan yang dipilih untuk perlindungan diri terhadap suatu risiko yang tidak enak. Setiap orang tentu hidupnya akan semakin nyaman bila ada perlindungan terhadap jiwanya dan masa depannya.

Namun saat ini pemahaman pentingnya memiliki asuransi masih sangat minim. Oleh karena itu tidak ada salahnya bila Anda menyimak terlebih dahulu mengenai berbagai jenis asuransi perlindungan keluargakarena pada dasarnya setiap asuransi tentu menguntungkan nasabahnya. Coba pahami bila kita tidak memiliki asuransi maka pendidikan anak seolah menjadi beban yang sangat berat, apalagi setiap tahun biaya pendidikan semakin mahal. Tidak hanya itu saja, asuransi dimasa tua juga bisa menjadi pertimbangan Anda kelak saat tidak ada lagi pekerjaan maka dana hari tua setidaknya bisa membiayai kehidupan selanjutnya. Bahkan untuk jalan – jalan menikmati indahnya Indonesia, tentu sangat mengasyikkan bukan? Berbagai jenis asuransi perlindungan keluargayang dapat anda pilih yaitu :

· Asuransi Jiwa
Asuransi jenis ini biasanya ditujukan untuk diri sendiri, namun untuk kepentingan keluarga. Misalnya saja jika seorang ayah meninggal namun memiliki asuransi jiwa, maka dengan otomatis dana asuransi akan diberikan kepada tertanggung yang ditunjuk oleh sang ayah. Keuntungan lain dari asuransi jenis ini yaitu untuk mempersiapkan bila sewaktu – waktu kematian menghampiri, maka bagaimana keluarga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya? Bila tidak ada biaya. Maka dari itu dengan asuransi jiwa maka berbagai permasalahan kehidupan bisa diatasi dengan baik. (Baca juga: Penting Memiliki Asuransi Jiwa)

·  Asuransi Kesehatan
Asuransi jenis ini khusus untuk menangani masalah kesehatan akibat penyakit atau kecelakaan. Setiap orang tentu tidak akan menyangka bila dirinya suatu hari tertimpa suatu penyakit maka dari itu kini banyak orang kurang memperhatikan kesehatannya dan perlindungan untuk dirinya sekaligus keluarganya. Padahal dengan hadirnya asuransi maka saat kita sakit dan harus melakukan rawat inap, biaya yang dikeluarkan tidaklah mahal karena sudah di backup oleh adanya asuransi kesehatan tersebut. (Baca juga: Pilih BPJS atau Asuransi Kesehatan?)

· Asuransi Kendaraan
Asuransi jenis ini biasanya digunakan untuk mobil, sehingga bila mobil tersebut hilang bisa mengklaim untuk mendapatkan yang baru. Atau mobil mengalami kerusakan, maka dana asuransi dapat dicairkan. Mengingat bahwa sering terjadinya kasus pencurian kendaraan saat ini, maka asuransi kendaraan sekiranya sangatlah penting guna melindungi aseet yang saat ini kita miliki, bahkan jika sudah sejak lama kita menabung untuk mendapatkan kendaraan tersebut. (Baca juga: Beberapa Tips Cara Klaim Asuransi Mobil)

· Asuransi Kepemilikan Rumah
Asuransi jenis ini untuk melindungi pemilik rumah jika terjadi kerugian terkait kecelakaan pada rumah yang ditempati, misalnya terjadi kebakaran. Musibah sejenis ini sering terjadi pada rumah yang tinggal berdempetan atau karena adanya kesalahan arus listrik biasanya kemungkinan rumah kebakaran sangatlah besar. (Baca juga: Mau Memilih Asuransi Rumah? Simak Tips Berikut!!)

· Asuransi Pendidikan
Asuransi paling populer ini merupakan solusi terbaik untuk masa depan yang lebih baik. Biasanya orang tua memilih asuransi pendidikan untuk sekolah putra putrinya. Apalagi jika biaya pendidikan jaman sekarang sangatlah mahal, kebutuhan putra – putri saat naik kejenjang pendidikan selanjutnya membuat banyak orang tua harus mengeluarkan biaya yang tidak lagi sedikit, bahkan hingga puluhan juta. (Baca juga: Asuransikan Masa Depan Anak Anda)

Berbagai jenis asuransi perlindungan keluarga diatas memiliki keuntungan masing – masing. Namun pilihlah beberapa yang lebih penting, karena dengan asuransi maka hidup semakin tenang dan terencana.