Belajar Trading – Apa itu Trading Breakout Emas?

By on 27 Januari 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.207 kali
investasi emas

Belajar Trading – Apa itu Trading Breakout Emas?

Investasi Emas – Di zaman yang kemajuan teknologinya semakin berkembang ini, semua hal rasanya bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Hal ini juga berdampak pada perdagangan komoditas yang dilakukan secara online dan tidak memerlukan bentuk fisik komoditas tersebut, salah satu contohnya adalah trading emas. Banyak orang yang sudah terjun ke pasar trading emas mengingat keuntungan yang diberikan dari kegiatan ini lebih besar dibanding dengan investasi emas fisik.

Dalam bertrading, pasti ada sejumlah strategi yang turut menyertai sebagai kendaraan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Sama seperti yang dilakukan di pasar trading lainnya, trading emas juga bisa menggunakan strategi breakout atau disebut trading breakout emas. Apa itu trading breakout emas?

Sebelumnya, sudahkah Anda mengerti apakah breakout itu? Seperti yang sudah disebutkan tadi, breakout adalah sejenis strategi. Secara umum, mungkin kita akan bingung ketika mengetahui cara kerja dari strategi yang satu ini. Dapat pula dikatakan jika strategi breakout ini berkebalikan dengan strategi pada umumnya. Yang dilakukan ketika memakai stategi breakout adalah melakukan pembelian di titik resisten (titik tertinggi) lalu melakukan penjualan di titik support (titik terendah). Aneh bukan? Bagi orang awam, strategi breakout ini memang terkesan gila. Namun, tidak begitu yang ada dipikiran para trader.

Emosi paling kuat pada diri manusia adalah rasa takut akan kehilangan. Seorang trader harus bisa mengindahkan rasa takut ini jika ingin berhasil menggunakan strategi breakout. Tujuan dari strategi ini adalah masuk di titik resisten suatu pasar. Biasanya pasar akan bergerak kembali ke titik yang lebih tinggi dalam tren yang berkembang.

Breakout dapat dikatakan sebagai strategi paling baik ketika Anda ingin mengikuti tren yang sedang terjadi di dalam market. Lalu, apa itu trading breakout emas? Bagaimana cara kerjanya? Hal ini sama saja dengan strategi breakout, namun dilakukan di pasar emas online.

Langkah paling awal ketika memulai trading breakout emas adalah menunggu pasar mencapai titik resisten dan support nya. Anda bisa memakai garis trend-line untuk menghubungkan titik terendah atau tertinggi pada pasar. Persiapkan diri Anda untuk memulai trading breakout emas setelah menemukan waktu yang tepat, yaitu ketika emas mengalami pergerakan melewati titik resisten dan titik level. Tetapkan posisi order di bawah support. Kemudian lakukan transaksi, ketika harga emas duah melewati titik level pada posisi order Anda.

Kini Anda sudah mengerti apa itu trading breakout emas, bukan? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam strategi breakout. Faktor yang paling utama tentu manajemen resiko yang harus Anda lakukan. Diperlukan pula ketelitian untuk melihat pergerakan harga ketika melakukan trading breakout emas. Selamat bertrading!