Banjir, Cuaca dan Pertimbangan Membeli Rumah

By on 31 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 4.185 kali
Cuaca Buruk Mempengaruhi investasi Properti

Investasi Properti – Ketika membeli rumah, Anda dapat dengan mudah mengabaikan hubungan lokasi dan masalah cuaca. Anda mungkin berpikir Anda membeli rumah di daerah cerah, namun ketika Anda datang ke lokasi, Anda  menemukan selalu ada awan berat. Ini hanyalah salah satu dari sejumlah masalah cuaca yang perlu dipertimbangkan ketika memilih rumah impian Anda.

Awan, hujan dan dampaknya untuk keluarga

Jika Anda merasa harus memiliki dek matahari sebagai bagian dari rumah baru Anda, Anda lebih baik segera membuatnya. Tentu cuaca akan terasa cerah! Hanya Karena wilayah geografis umum memiliki banyak matahari tidak berarti hal tersebut akan terjadi pada  rumah Anda. Hal yang perlu diselidiki  termasuk sering muncul tidaknya kabut dan awan berat untuk sebuah rumah di daerah lembah. Jika rumah ini terletak di sisi jurang atau lembah, pastikan Anda tahu kapan rumah tersebut akan mendapatkan matahari dan bayangan. Suhu dapat sangat berbeda tergantung pada jumlah sinar matahari yang Anda dapatkan.

Ketika Hujan, hal tersebut dapat menjadi  benar-benar merepotkan. Satu potensi kejutan bagi pemilik rumah baru dapat menjadi kondisi yang juga dialami lingkungan sekitar  pasca hujan. Di Semarang misalnya, curah hujan dirasa masih cukup normal. Namun faktor ketinggian laut yang sangat dekat dengan daratan acapkali menimbulkan  titik-titik banjir yang membuat Anda tidak dapat mengemudi sama sekali. Pastikan Anda berhenti oleh sebuah pompa bensin atau toko lokal untuk bertanya tentang masalah-masalah seperti ini di daerah di mana Anda akan membeli rumah baru.

Walau tidak secara langsung akibat hujan, kasus yang dicontohkan di atas adalah akibat dari cuaca dan siklus alam juga. Sebab air pasang yang lebih kuat dari biasanya dapat diprediksikan dan akan semakin parah jika terjadi hujan. Contoh yang serupa tentu saja terjadi di titik-titik banjir di kota Jakarta. Jakarta merupakan pelanggan banjir tiap tahun dan banjir besar tiap 5 tahun. Walau demikian, masih ada wilayah-wilayah yang masih steril dari banjir di kota ini. Tentu saja pelaku investasi properti yang lihai dapat memanfaatkan kelebihan ini dengan merubahnya menjadi uang besar, atau untuk Anda yang bermaksud membeli rumah, di  daerah-daerah seperti inilah sebaiknya Anda mencari informasi sebanyak mungkin.

Berbeda jalan-jalan dengan drainase yang buruk, suatu keluarga lebih besar menerima banyak kerusakan. Ketika sungai meluap, tingkat ketinggian air biasanya diukur dengan kaki atau meter. Dapatkah Anda gambarkan  efek banjir jika rumah Anda terendam air setinggi 2 meter? Nah, hal ini akan membuat Anda sering-sering merenovasi lantai pertama rumah Anda.
Ibu alam memiliki cara untuk melakukan apa pun yang dia kehendaki. Pastikan Anda mensiasati watak pemarahnya dengan mempertimbangkan efek cuaca pada calon rumah impian Anda.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.