Bagaimana Mengatur Keuangan Saat Tinggal di Luar Negeri?

By on 29 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.311 kali

Bagaimana Mengatur Keuangan Saat Tinggal di Luar NegeriPerencanaan Keuangan – Entah itu untuk studi, bekerja, libur panjang atau tinggal bersama pasangan di negara lain, pindah ke luar negeri bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Tidak hanya penyesuaian terhadap budaya, hal-hal praktis lain seperti membiasakan diri dengan mata uang lokal juga penting.

Berikut beberapa tip seputar mengatur keuangan berdasarkan pengalaman mereka yang sudah pernah tinggal di luar negeri yang disadur dari liveolive.com

Patuhi Anggaran 

Memiliki anggaran adalah hal penting untuk dilakukan saat tinggal di negara sendiri, terlebih lagi saat berada di luar negeri. Standar hidup yang berbeda, harga barang yang berbeda dari biasanya akan memperbesar kemungkinan over-spending, alias lebih boros dari yang seharusnya.

Olga Florentyna, mahasiswa S2 yang tinggal di Bonn, Jerman, mengakui bahwa tinggal di luar negeri membuatnya lebih sadar akan harga barang. “Saat di Jakarta, saya tidak pernah pernah peduli berapa harga barang di sebuah toko dibandingkan toko lain,” kata perempuan berusia 24 tahun tersebut. Memasak di rumah, kata Olga, mencegahnya jadi boros. Supaya lebih disiplin dalam mengatur uang, ia bahkan menggunakan aplikasi anggaran di HP-nya. “Dengan app itu, saya bisa melihat berapa jumlah uang yang saya habiskan sepanjang bulan dan untuk apa saja,” jelasnya.

Setelah membuat anggaran bulanan berdasarkan penghasilan dan perkiraan pengeluaran, ikuti selama beberapa bulan dan sesuaikan lagi sesuai kebutuhan. Pastikan Anda juga sudah punya anggaran untuk jalan-jalan atau berlibur, sehingga Anda bisa menikmati masa-masa selama tinggal di negara tersebut.

Sesuaikan Kebutuhan Perbankan dan Asuransi

Tanpa sebuah rekening bank lokal, Anda akan mendapatkan kesulitan dalam mencari tempat tinggal, membuat kartu kredit atau mengambil gaji. Pilih bank yang paling sesuai dengan kebutuhan –misalnya jika Anda perlu mentransfer uang ke negara Anda. Lakukan riset untuk mengetahui pilihan yang tersedia, karena biaya transfer bisa cukup tinggi. Mempunyai kartu kredit lokal juga ide bagus untuk menghindari konversi mata uang dan memudahkan pembayaran tagihan rumah tangga.

Jenis asuransi yang Anda miliki di negara asal kemungkinan besar tidak akan memberikan perlindungan saat Anda berada di luar negeri. Semuanya tergantung dari lama tinggal di negara asing tersebut, tapi Anda mungkin perlu memiliki polis asuransi kesehatan yang bisa melindungi selama Anda di sana, atau setidaknya miliki asuransi perjalanan.

Berbaur dengan Kondisi Setempat

Selama berada di luar negeri, memang menggiurkan untuk makan di luar dan mencoba berbagai tempat baru, namun hal ini tentu akan menjadi kebiasaan yang mahal. Berbaurlah dengan kebudayaan tempat Anda tinggal dan coba pelajari cara memasak hidangan lokal, maka Anda akan terkejut saat mengetahui berapa banyak uang yang Anda hemat.

Tinggal di negara baru juga mengharuskan Anda untuk menggunakan transportasi seperti penduduk lokal –jadi pakai sepatu ternyaman Anda dan mulailah menjelajahi lingkungan sekitar.