Bagaimana Memasukkan Reksa Dana Obligasi Ke Dalam Strategi Investasi Anda

By on 26 November 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.106 kali
Investasi Reksadana

Investasi Reksadana – Jika Anda berinvestasi untuk pendapatan atau ingin melakukan diversifikasi portofolio Anda, Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam reksa dana obligasi.

Reksa dana obligasi dapat menawarkan investor banyak manfaat yang sama dengan obligasi individu, di samping keuntungan dari diversifikasi dan manajemen profesional, menurut “Reksa Dana Obligasi:. Panduan Investasi T. Rowe Price.”

Investasi dalam reksa dana obligasi berbeda dengan obligasi individu. Bila Anda berinvestasi dalam obligasi, Anda meminjamkan uang penerbit. Penerbit kemudian membayar Anda bunga biasa selama obligasi dan membayar kembali pokok pada saat jatuh tempo obligasi, penerbit yang tersedia tidaklah default.

Reksa dana obligasi adalah reksa dana yang terdiri dari banyak obligasi, dengan manajer investasi profesional yang membeli dan menjual sekuritas untuk menjaga reksa dana benar –benar untuk tujuan tertentu investasinya. Sebuah obligasi adalah keamanan hutang, mirip dengan IOU. Obligasi dapat berfungsi sebagai sarana menarik “jalan tengah” antara stabilitas (cash) investasi dan saham, menawarkan investor potensi keuntungan lebih berarti daripada investasi kas  dengan volatilitas keseluruhan yang kurang dibandingkan saham.

Sebuah komposisi aktiva yang tepat adalah penting untuk keberhasilan investasi jangka panjang Anda. Meskipun diversifikasi tidak dapat melindungi terhadap kerugian di pasar menurun atau menjamin keuntungan, portofolio yang terdiversifikasi harus kurang stabil daripada yang diinvestasikan hanya dalam saham. Itu karena kinerja yang kurang dari satu jenis investasi dapat diimbangi oleh kinerja yang kuat dari yang lain.

Investasi dalam kombinasi reksa dana obligasi jangka panjang pendek, menengah dan pendek dapat membantu Anda mengejar penghasilan sambil menanggapi risiko kenaikan suku bunga. Ini disebut laddering.

Ingat bahwa dana obligasi jangka pendek membawa risiko yang lebih rendah dan return potensial dari reksa dana jangka panjang. Itu sebabnya portofolio obligasi diversifikasi dapat memberikan kelanjutan dari pendapatan, bersama dengan beberapa perlindungan dari dampak peningkatan.

Sebagai contoh, portofolio obligasi laddered mungkin terdiri dari obligasi dengan jangka waktu satu, lima dan sepuluh tahun. Investasi di kedua pendek dan jatuh tempo lebih lama dapat membantu strategi Anda tetap di jalur selama kedua iklim suku bunga.tinggi dan rendah
T. Rowe Price menawarkan berbagai reksa dana obligasi, 100 persen “tanpa beban” berarti investor tidak membayar biaya penjualan atau komisi.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda berburu sendiri buku-buku investasi reksa dana seperti yang telah ditulis oleh T.Rowe Price demi kemajuan investasi Anda. Namanya saja Price kok….makanya tidak salah yang diurusinya masalah-masalah yang berkaitan dengan harga hehehehe. (Sekali lagi ah: he!) Manfaatkan dan terapkan ilmu dari buku ini. Dan saran kami, Anda tidak perlu membaca buku semacam ini (termasuk buku ini) dengan cara cepat, 30 menit selesai dan menempel di otak hanya 30%. Untuk bacaan-bacaan investasi, Anda harus telaten membaca pelan-pelan dan berulang ulang hingga Anda menghafalnya di luar kepala. Happy reading!

 

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.