Bagaimana Cara Mengatasi Inflasi?

By on 26 Januari 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3.699 kali

InflasiPerencanaan Keuangan – Inflasi, Ini menjadi momok bagi setiap pengusaha dan pekerja diseluruh dunia, dimana akan menyebabkan kenaikan biaya dan krisis keuangan. Sementara banyak masyarakat awam mempunyai persepsi yang salah terhadap inflasi, namun efeknya akan sangat nyata pada bagaimana Anda mengatur biaya untuk keperluan sehari-hari.

Anda mungkin tidak dapat menghentikan inflasi, tapi tidak juga membuat Anda tidak berdaya dalam menghadapinya. Pahamilah bagaimana inflasi tersebut mempengaruhi daya beli Anda, dan mulailah membangun strategi efektif untuk dapat melindungi keungan Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri dari kenaikan harga yang disebabkan oleh inflasi.

Pelajari Seni Investasi

Investasi adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi tabungan Anda dari efek inflasi. Dengan berani mengambil resiko dan menempatkan uang Anda dalam berbagai saham dan obligasi, keuangan pribadi Anda akan tumbuh lebih cepat dibandingkan Anda menaro uang di rekening bank. Mulailah lebih memperhatikan berita dan tren keuangan sehingga Anda tidak tertipu dengan investasi yang tidak bertanggung jawab.

Carilah Suku Bunga Tetap

Ketika inflasi datang, perjalanan waktu cenderung menjadi musuh terbesar Anda. Ketika harga terus naik, demikian pula iuran rutin dan biaya lainnya di sebagian besar transaksi. Suku bunga tetap menjaga iuran rutin Anda dari kenaikan harga akibat inflasi dengan menjaga proporsi dari tabungan Anda. Apakah itu pada KTA, rekening tabungan, atau investasi lainnya, Anda harus menemukan layanan yang memberikan suku bunga tetap bagi Anda.

Beli Sebuah Rumah

“Rumah”, berarti memiliki sebuah bangunan tempat tinggal yang dibangun diatas sebidang tanah atas nama Anda. Memiliki property berati Anda akan memiliki aset konkret yang dapat Anda wariskan di keturunan, atau bisa juga digunakan untuk tujuan yang berbeda. Jika Anda tidak mampu membeli property dengan uang tunai, Anda dapat mencari KPR di sekitar Anda untuk mendapatkan pinjaman dana untuk membeli rumah dengan persyaratan yang berlaku saat ini.

Terbukalah Dalam Pilihan

Seperti motto seorang pramuka, “harus bersiap”. Hendaknya selalu memupnyai rencana B di sisi yang lain sehingga hal ini dapat diambil ketika situasi memburuk. Aturlah anggaran pendapatan Anda dengan bijak dan sisihkan sebagian untuk dana darurat. Baik juga untuk memperhatikan laju inflasi dari properti, komoditas dan sumber pendapatan lain yang dapat menciptakan arus pengeluaran Anda menjadi stabil. Selain itu pertahankan gaya hidup sehat dan temukan asuransi kesehatan terbaik sehingga dapat mencover Anda dari biaya perawatan medis yang sewaktu-waktu Anda butuhkan.

Hidup Hemat

Inflasi selain memberikan dampak cepat pada kenaikan harga, Anda yang sebaiknya Anda coba adalah dengan meminimalkan pengeluaran Anda.  Jagalah pengeluran Anda mulai dari menggunakan angutan umum daripada menghabiskan uang untuk membeli BBM. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan kartu kredit sehingga Anda bisa mendapatkan berbagai diskon eksklusif dan program reward lainnya.

Mungkin beberapa tips tersebut mudah diterapkan oleh Anda, namun sebagaian besar orang mungkin memerlukan pembiasaan yang lebih sulit dan memerlukan waktu yang relatif lebih lama. Terus maju dalam memperbaiki keuangan harian Anda, dan lindungi keuangan Anda kini dan sekarang.

 

 

Sumber: Hallomoney