Bagaimana Agar Sukses Ajukan KPR?

By on 12 Mei 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3.677 kali

Perencanaan Keuangan – Jika Anda sudah menemukan rumah idaman dengan harga sesuai dengan kantong Anda, maka sudah saatnya Anda mengurus pengambilan KPR dari bank.

Lalu, apa saja yang harus Anda siapkan supaya sukses mendapatkan KPR? Simaklah beberapa tips dari kami.

1. Dana down payment

Siapkan down payment sebesar minimal 30% dari harga rumah. Andalah yang harus menanggung biaya ini dan bank tidak akan memproses pengajuan KPR Anda jika Anda tidak memiliki dana untuk down payment.

2. Dokumen aplikasi

Anda harus menyiapkan segala macam dokumen yang menjadi persyaratan dalam pengajuan KPR, mulai dari KTP sampai slip gaji. Jika Anda mengambil KPR bersama pasangan, maka pasangan Anda harus menyiapkan dokumen serupa. Untuk lebih lengkapnya, baca ini.

3.  Siap-siap untuk pengecekan bank

Selain memastikan kelengkapan dokumen Anda, bank juga akan memverifikasi pengajuan Anda. Setelah Anda menyerahkan dengan lengkap segala dokumen, Anda akan diwawancarai oleh bank. Lalu, bank akan mengecek kelayakan rumah yang Anda ingin beli dengan mengunjungi lokasi rumah tersebut. Bank juga akan mampir ke tempat kerja atau usaha Anda untuk memastikan bahwa Anda layak dipercaya untuk taat membayar cicilan. Selain itu, bank juga akan mem-verifikasi ke Bank Indonesia bahwa Anda tidak masuk kedalam daftar hitam kredit buruk.

4. Serahkan down payment

Jika Anda lolos proses verifikasi bank, Anda tinggal menyerahkan down payment ke penjual rumah, yang akan menyerahkan Surat Persetujuan Perjanjian Kredit (SPPK). Lalu, Anda harus  ke notaris untuk menandatangani akte kredit dan mengurus sertifikat, yang akan ditahan bank sampai Anda melunasi semua cicilan.

Setelah semua proses ini selesai, penjual rumah akan menyerahkan kunci rumah kepada Anda, dan Anda kini bisa mengisi rumah idaman Anda.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney