Ayo Tingkatkan Penjualan Pada Bisnis Anda Dengan Melakukan Inovasi

By on 15 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.750 kali
Inovasi

InovasiStart-Up Bisnis – Seringkali orang yang sudah memiliki sebuah bisnis yang mapan akhirnya lupa tentang pentingnya inovasi bisnis yang dilakukan secara terus menerus. Dapat dikatakan bahwa bisnis yang terus melakukan inovasi adalah bisnis yang terdepan dan berhasil. Sama halnya dengan kehidupan yang selalu berganti tantangan dari hari ke hari, begitu juga yang terjadi pada dunia bisnis. Bila hari ini bisnis Anda menjadi pemenang dalam niche yang Anda bidik belum tentu akan bertahan selamanya.

Jika Anda sudah cukup mengenal dunia bisnis, pasti sudah sangat sering makan asam garam dan juga manisnya menjalankan sebuah bisnis. Dari kesalahan kemudian belajar memperbaikinya kemudian usaha bangkit lagi dan mungkin saja akan turun lagi, itulah yang namanya bisnis. Mungkin tahun ini produk Anda menjadi market leader, tetapi tahun depan belum tentu. Persaingan dalam bisnis sangatlah ketat. Pesaing-pesaing baru terus bermunculan setiap hari.

Tak sedikit dari mereka hadir dengan membawa inovasi baru. Jika Anda terus bertahan dengan cara lama, yang terjadi adalah bisnis Anda akan semakin jauh tertinggal.

Terkadang beberapa orang yang telah sukses menjalankan bisnis di internet merasa cukup sudah nyaman dan biasanya terlena akan keadaannya yang nyaman. Penjualan yang terus terjadi dan omzet terus meningkat, belum tentu selamanya akan stabil jika tidak melakukan sebuah perubahan atau strategi pemasaran yang baru.

Beberapa alasan mengapa sebuah inovasi sangat perlu dilakukan? Berikut ini alasannya:

Inovasi bisnis diperlukan untuk menjaga bisnis Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan juga pastinya terus berelevan bagi konsumen. Semakin hari konsumen semakin memiliki karakter yang senang menggunakan produk-produk praktis. Alasannya tentu saja karena mereka semakin memiliki sedikit banyak waktu. Jika dahulu obat jerawat berbentuk bubuk dan harus dicampur air untuk menggunakannya, sekarang orang cenderung lebih suka bedak dalam bentuk cair yang dimasukkan kedalam botol plastik.

Mengganti sebuah produk dengan produk lain yang memiliki banyak fungsi. Kita semua tentu masih ingat ketika MP3 player baru muncul dan langsung banyak digunakan karena bentuknya sangat kecil, praktis, dan bisa dibawa kemana saja, tidak seperti alat pemutar musik lama yang menggunakan tape dan kaset pita atau CD. Dan sekarang fungsi MP3 player tersebut sudah mulai tergantikan dengan adanya alat pemutar musik di handphone maupun smartphone.

Inovasi bisnis yang memberikan keuntungan besar. Perusahaan terkenal dan besar seperti Apple yang selalu berinovasi dalam mengembangkan produk-produk mereka. Pelanggan setia Apple bersedia menunggu produk terbaru dari Apple, meskipun harganya disetiap produk terbarunya bisa mencapai dua kali lipat dari produk sebelumnya. Bahkan pelanggan Apple pun rela mengantri untuk menjadi pembeli pertama pada saat peluncuran. Mereka bersedia membeli dengan harga yang cukup tinggi tersebut karena sebenarnya ingin membeli inovasi yang ditawarkan oleh Apple. Dan tentunya hal ini yang akan meningkatkan margin keuntungan bagi perusahaan.

Ketiga alasan diatas sangatlah penting untuk meningkatkan profit perusahaan bisnis Anda, terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis di internet. Karena saat ini semua orang bisa saja memiliki bisnis tanpa harus melegalkan bisnis nya terlebih dahulu. Jika Anda tidak melakukan inovasi secara berkala pada bisnis Anda, bisa jadi Anda akan mulai tertinggal dengan bisnis-bisnis yang baru saja muncul.

Nah, lalu apa yang harus dilakukan agar bisnis Anda yang dikelola di internet bisa tetap terus banyak peminatnya dan omzet bisa meningkat? Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, berikut ini :

1. Update produk terbaru

Selalu lakukan update produk, jika Anda saat ini menjual barang yang bersumber dari pemasok. Maka Anda harus segera mencari pemasok lain yang menjual barang yang berbeda. Atau bisa juga tetap menjual dengan jenis barang yang sama namun dengan model yang berbeda.

2. Melakukan promosi

Promosi adalah salah satu inovasi yang sering dilakukan oleh beberapa Seller untuk meningkatkan penjualan mereka. Anda bisa mengagendakan kapan Anda harus melakukan promosi yang bisa berupa penawaran diskon atau great sale. Jika Anda rutin melakukan penawaran-penawaran yang sekiranya menarik perhatian dan menguntungkan konsumen maka bukan suatu hal yang tidak mungkin jika konsumen-konsumen Anda akan terus menunggu penawaran yang akan Anda berikan.

3. Perbanyak jumlah produk Anda

Semakin beragam dan semakin banyak jenis produk yang Anda jual tentunya akan menarik banyak Buyer untuk datang ke toko online atau lapak Anda.

4. Perluas pemasaran Anda

Jika saat ini Anda hanya menjual produk di toko online Anda sendiri. Mungkin bisa memperluas pemasaran produk Anda ke beberapa situs jual beli, ataupun posting di beberapa forum yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Bisa juga memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan juga Twitter. (Fahrur Ahmad/netpreneur.co.id)