Ayo!! Cegah Penyebab Anda Akan Pensiun Miskin

By on 16 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 1.468 kali
Masa Pensiun

Perencanaan Keuangan & Asuransi – Apakah Anda sudah membuat rencana pensiun? Anda mungkin berpikir bahwa Anda terlalu muda untuk memikirkan hal seperti itu, tapi Anda harus tahu bahwa cara Anda menyimpan atau mengeluarkan uang hari ini sangat mempengaruhi masa depan Anda. Sebelum Anda menyadarinya, Anda semakin mendekat usia pensiun, jadi jangan terlambat untuk mengatur pensiun Anda.

Kabar baiknya, usia pensiun telah naik dari 56 menjadi 58 tahun bagi PNS. Ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk menyimpan dan mengelola uang untuk memastikan bahwa Anda bisa pensiun dalam ketenangan.

Jadi, rencankanlah langkah yang tepat untuk masa depan Anda. Ini adalah daftar singkat dari apa yang Anda tidak boleh lakukan dan jika suda terlanjur, bagaimana memperbaikinya sehingga Anda tidak mengalami kemiskinan saat pensiun:

1. Pengelolaan Utang yang Jelek

Apakah Anda selalu berjuang untuk membayar kartu kredit dan pinjaman pribadi? Jika Anda selalu gagal membayar tagihan, hutang Anda akan menumpuk. Bisa-bisa, Anda terjebak membayar hutang hingga masa pensiun. Jangan biarkan hal itu terjadi.

Cara memperbaiki: Berhentilah menumpuk hutang. Potong penggunaan kartu kredit Anda dan jika perlu, carilah bantuan dari seorang ahli keuangan. Menyelesaikan hutang akan membutuhkan kerja keras untuk waktu yang lama. Jadi, Anda harus membuat komitmen untuk memperbaikinya.

Karena ini, penting bagi Anda untuk memilih kartu kredit yang tepat, selain mengetahui bagaimana menggunakannya secara bertanggung jawab. Ketahuilah manfaat dari kartu kredit Anda, dan cari tahu apa saja fitur kartu kredit lainnya yang berguna untuk jangka panjang sebelum mengajukan untuk mendapatkannya.

2. Pengeluaran yang tidak perlu

Hilangkanlah pengeluaran tidak perlu, seperti mengadakan pesta ulang tahun mewah yang memaksa Anda untuk mengambil pinjaman atau membayar dengan kartu kredit.

Akan lebih baik bila Anda meletakkan uang itu di rekening tabungan atau bahkan dana pensiun Anda.

Cara memperbaiki: Buatlah perayaan sederhana yang tidak mengempeskan dompet..

3. Tabungan yang tidak memadai

Mungkin Anda tidak bisa menabung banyak uang karena terus-menerus membeli gadget baru. Akibatnya, jika ada pengeluaran darurat, Anda terpaksa memanfaatkan sedikit uang yang telah Anda sisihkan sebagai tabungan atau dana pensiun. Tidak semua orang memiliki akses mudah ke dana atau pinjaman cair kapan pun mereka membutuhkannya.

Cara memperbaiki: Cari rekening tabungan dan deposito yang tepat. Ada beberapa bentuk tabungan yang memberi Anda bunga dari waktu ke waktu asalkan Anda tidak menarik uang Anda untuk jangka waktu tertentu. Ini bisa menjadi dana darurat Anda dan bentuk lain dari investasi jangka panjang, seperti dana pensiun.

4. Kurang perencanaan

Kita tidak selalu mengatur pengeluaran kita dengan teliti, termasuk tagihan bulan seperti listrik, makanan, cicilan, dan pendidikan anak-anak kita. Anda seharusnya membuat anggaran bulanan untuk ini..

Cara memperbaiki: Catat dan patuhi anggaran bulanan, dan pastikan untuk menyisihkan uang untuk tabungan. Pastikan Anda tidak terlalu menghabiskan uang untuk “pengen akan tetapi menempatkan kebutuhan dasar didepan. Temukan metode membuat anggaran yang terbaik untuk Anda, seperti metode 50-30-20.

5. Terlalu Takut untuk Investasi

Memasuki dunia investasi bisa membingungkan dan menakutkan, terutama jika Anda baru pertama kali menempatkan dana dalam saham, obligasi, atau bahkan emas atau properti. Namun, ini adalah cara yang baik agar Anda memiliki aset tambahan setelah pensiun.

Cara memperbaiki: Konsultasilah dengan seorang ahli keuangan tentang bagaimana Anda bisa menginvestasikan uang Anda dengan benar. Jangan menempatkan 100% dari dana investasi Anda dalam satu bentuk investasi. Selain tabungan, Anda harus belajar untuk mencari peluang investasi. Jika Anda bagaimana membuat uang Anda bekerja untuk Anda, maka Anda sudah pada jalan yang tepat untuk bisa pensiun dengan nyaman dan bahagia. Jadi, berhentilah menunda dan mulailah berusaha menuju impian Anda mulai hari ini!

Sumber: www.HaloMoney.co.id

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.