Atasi Penipuan, Investigasi Sebelum Membeli Koin Koleksi

By on 24 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.890 kali
Timbangan Emas

Investasi Emas – Apakah Anda membeli saham emas dan reksa dana, emas dan bullion koin atau koin koleksi? Pertama-tama lakukan pekerjaan rumah Anda terlebih dahulu:

Jika Anda membeli koin bullion atau koin koleksi, minta nilai cair koin yaitu nilai dasar intrinsik koin bullion jika dicairkan dan dijual. Nilai cair untuk hampir semua koin bullion dan koin koleksi tersedia secara luas. Baca majalah perdagangan untuk memeriksa nilai grosir koin. Perlu diingat bahwa koin koleksi, umumnya dijual dengan harga premium atau markup atas harga grosir sehingga dealer dapat mengambil keuntungan. Anda dapat menemukan listing nilai grosir up-to-date di majalah perdagangan, seperti Coin Dealer Newsletter dan Coin Dealer Newsletter Bersertifikat.

Konsultasikan dengan dealer terkemuka atau penasihat keuangan yang memiliki pengetahuan khusus. Jadi, Anda akan menjadi jelas mengenai komisi atau biaya yang sedang ditarik dealer logam atau broker. Periksa koin secara pribadi. Sulit, jika tidak mustahil, untuk membuat keputusan penting tentang membeli koin tertentu berdasarkan foto atau percakapan dengan penjual. Oleh karena itu, Anda harus merelakan sedikit waktu melakukan pemeriksaan. Tanyakan tentang kelas koin. Jika koin telah dinilai profesional, periksa ke layanan grading. Apakah independen dari dealer? Apa reputasinya di industri terkait? Jika Anda menduga bahwa kelas koin adalah palsu atau telah dimodifikasi, periksa nomor seri pada tempat koin atau dokumen grading. Kebanyakan pemberi grade  menetapkan nomor urut untuk setiap kelas koin mereka sehingga pembeli dapat memverifikasi kelas koin secara mandiri. Anda dapat memeriksa nomor seri online atau di telepon.

Mendapatkan pendapat kedua tentang kelas dan nilai dari mata uang yang sedang Anda pertimbangkan sebagai double-cek pada validitas kelas koin. Dapatkan salinan tertulis dari kebijakan pengembalian. Banyak dealer terkemuka menawarkan periode ulang jika Anda tidak puas dengan pembelian Anda. Empat belas hari pada umumnya. Tanyakan tentang membeli kembali kebijakan karena mereka bervariasi di antara dealer. Beberapa mungkin menawarkan untuk membeli kembali koin Anda jika kondisinya sama seperti ketika Anda membelinya dari mereka. Orang lain akan membeli koin Anda, tetapi mereka mungkin memungut biaya komisi. Yang lain mungkin menawarkan hanya kredit toko. Pertimbangkan implikasi pajak. Dinas Pendapatan mengklasifikasikan produk emas tertentu sebagai koleksi. Pendapatan dari penjualan koleksi dapat dikenakan pajak pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan investasi lain.

Periksa setiap dealer koin di mesin pencari online. Baca tentang pengalaman orang lain. Cobalah untuk berkomunikasi secara offline jika mungkin untuk memperjelas rincian. Melakukan cross check organisasi-organisasi ini di masyarakat tempat promotor berada adalah ide yang baik. Kadang-kadang mungkin terlalu cepat bagi seseorang untuk menyadari bahwa mereka telah ditipu atau telah mengajukan keluhan kepada yang berwenang.

Teruslah mencari  dari penjualan yang meminimalkan risiko hingga penjualan perwakilan yang mengklaim bahwa pengungkapan risiko tertulis hanyalah formalitas yang diperlukan oleh pemerintah, dan karena itu tidak diperlukan. Agen penjualan bereputasi selalu menjelaskan di muka tentang risiko investasi tertentu. Tolaklah untuk “bertindak sekarang,” terlepas dari konsekuensinya. Beri Anda sendiri  waktu untuk berpikir barang satu atau dua hari. Setiap promosi penjualan yang mendesak Anda untuk membeli segera adalah sinyal untuk melakukan hal yang justru sebaliknya. Oleh karena itu, keputusan sebaiknya didasarkan pada kebulatan tekad dan pengetahuan yang cukup tentang koin emas yang hendak Anda beli. Jika Anda telah terbiasa, itu lain perkara. Terakhir yang sama utamanya, mintalah jaminan atau sertifikat keaslian atas konten-konten logam bullion berharga.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.