Asuransi Disabilitas, Untuk Mereka Yang Sedang Berhalangan Bekerja

By on 7 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.381 kali
Asuransi Disabilitas

Asuransi – Kebanyakan orang menerima begitu saja bahwa mereka mampu untuk bangun setiap hari dan mendapatkan penghasilan untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga mereka. Kemampuan untuk mandiri dalam hal ini adalah salah satu aset Anda yang paling berharga. Selain itu, kebanyakan orang tidak mengerti bahwa peluang menjadi dinonaktifkan pada beberapa waktu selama karir kerja mereka lebih tinggi daripada yang pernah mereka bayangkan. Oleh karena itu, asuransi disabilitas tersedia untuk melindungi aset Anda.

Asuransi disabilitas adalah asuransi yang dimaksudkan untuk menggantikan penghasilan Anda jika Anda harus mengalami sakit, cacat, atau cedera dan penyakit atau kecelakaan yang  mencegah Anda dari mendapatkan penghasilan dalam pekerjaan Anda. Asuransi disabilitas akan membayar jumlah pengganti gaji Anda antara 45% sampai 60% dari pendapatan kotor Anda selama ketidakhadiran Anda dari pekerjaan.

Bagaimanapun juga penting untuk dicatat, bahwa tidak setiap kebijakan akan sama persis. Berhati-hatilah meneliti rincian dan perbandingan yang diperlukan saat memutuskan  untuk mengambil asuransi disabilitas. Kebijakan yang paling mahal belum tentu pilihan yang terbaik. Seperti penulis juga tak tahu cara mengemudi jika disediakan mobil Rolls Royce. Paling juga cuma dielus-elus saja. Kemungkinan pembayaran tunjangan bulanan yang akan menutupi biaya hidup Anda saat Anda dinonaktifkan tidak mustahil malah datang dari  polis asuransi yang murah.

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan informasi yang berguna tentang fitur asuransi disabilitas, sehingga Anda dapat membuat keputusan saat membeli polis asuransi Anda. Dan perlu dicatat, seperti yang telah sedikit diulas di atas, asuransi disabilitas belum tentu untuk orang cacat namun lebih pada ketidakmampuan untuk bekerja dikarenakan satu dan lain alasan baik permanen maupun tidak. Nah contohnya harga kaki pemain sepakbola, adalah harga kaki termahal. Apabila kaki mereka cedera dalam pertandingan dan harus beristirahat selama berbulan-bulan, mereka masih mendapatkan penghasilan dari asuransi disabilitas, sampai mereka siap kembali berlaga.

Jenis asuransi disabilitas

Asuransi disabilitas jangka pendek mengandung makna seperti yang disiratkan oleh namanya. Kebijakan ini dapat memberikan manfaat selama dua minggu hingga dua tahun. Biasanya, atasan Anda memberikan kebijakan asuransi disabilitas jangka pendek.
Asuransi disabilitas jangka panjang seperti namanya, akan memberikan manfaat untuk jangka panjang. Asuransi disabilitas jangka panjang biasanya berlangsung sekitar 5 tahun. Jenis asuransi juga akan berakhir ketika seseorang telah mencapai usia 65. Beberapa perusahaan akan menawarkan jenis asuransi ini sebagai bagian dari paket bantuan karyawan atau akan membuatnya tersedia dengan biaya tertentu.

Dua jenis utama dari kebijakan asuransi disabilitas jangka panjang tidak dapat dibatalkan dan dijamin terbarukan. Kebijakan terbarukan tidak dapat dibatalkan dan dijamin berarti bahwa perusahaan asuransi tidak dapat membatalkan atau menolak untuk memperbaharui kebijakan Anda selama premi yang diperlukan dibayar tepat waktu. Namun, perbedaan yang signifikan antara kedua kebijakan ini adalah bahwa dengan kebijakan terbarukan dijamin premi dapat  dinaikkan, namun hanya jika hal tersebut mempengaruhi seluruh kelas pemegang polis. Berdasarkan kontrak tidak dapat dibatalkan, pembayaran premi tetap berlaku sebagaimana tercantum pada kebijakan. Akibatnya, premi awal untuk menjamin kebijakan terbarukan bisa lebih murah daripada kebijakan yang tidak dapat dibatalkan.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.