Asuransi Bisa Memberikan Dua Manfaat

By on 16 Oktober 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.543 kali
Asuransi Keluarga

Asuransi – Dua manfaat itu bisa Anda dapatkan melalui asuransi jiwa unit link. Produk ini masuk dalam golongan asuransi jiwa non-tradisional karena dia memberikan manfaat lebih.

Jika umumnya asuransi jiwa tradisional memberikan manfaat polis hanya sampai usia 70 tahun, maka asuransi unit link bisa memberikannya hingga seumur hidup.

Selain itu, unit link pun tak hanya memberikan payung perlindungan terhadap segala kemungkinan musibah yang terjadi, tetapi juga memberikan Anda keuntungan.

Perhitungannya, premi yang Anda bayarkan selain ditujukan sebagai coverage risiko kesehatan maupun kematian, sebagian nilainya akan digunakan sebagai investasi. “Mekanisme pengelolaan investasinya mirip dengan reksa dana, tapi ini dalam bentuk unit,” jelas perencana finansial mandiri dari MRE Financial & Business Advisory Andy Nugroho.

Dalam unit link, pilihan instrumen investasi yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari saham, obligasi, campuran dan pasar uang. “Itu semua akan diurus oleh agen asuransinya, mereka yang akan membuatkan ilustrasinya. Mereka yang menjadi manajer investasinya,” kata Andy.

Tak hanya itu potensi return yang dihasilkan unit link pun bervariasi, dari rendah sampai tinggi. Dengan potensi ini, bisa jadi nilai investasi Anda akan menyamai dan bahkan melebihi nilai premi yang Anda bayarkan sehingga nilai tunai. Atau sebaliknya nilai investasi unit link Anda bisa lebih rendah dari nilai polis. “Pertumbuhan nilaianya mengikuti perkembangan saham,” tambah Andy.

Tidak Dijamin
Menggiurkan bukan? Yang perlu dipertimbangkan, hasil investasi dari unit link tidak dapat dijamin. Andy menjelaskan unit link berbeda dengan produk asuransi tradisional yang dapat memberikan kepastian nilai polis yang dapat diambil manfaatnya. Ia mencontohkan asuransi pendidikan yang pasti menjamin nilai tunai yang dapat diambil setelah sekian tahun membayar premi. “Tapi kalau asuransi unit link tidak dijamin. Tidak akan dan tidak bisa menjamin,” tegasnya.

Ia mengatakan biasanya agen asuransi hanya akan memberikan ilustrasi pembayaran premi serta kemungkinan perkembangan uang premi hingga seumur hidup. Namun ilustrasi tersebut sama sekali tidak bisa dijamin.

Tak hanya itu, biasanya return investasi unit link Anda belum akan balik modal hingga 1-5 tahun. Investasi unit link baru akan berkembang setelah di atas 5 tahun. “Katakanlah saya mau masukkan premi sebulan Rp500ribu, berarti setahun Rp 6 juta. Nah karena yang digunakan untuk investasi hanya sebagian dan sebagian lagi untuk biaya pertanggungan dan administrasi, paling dalam setahun hanya balik Rp1-2 juta,” jelas Andy.

Nah jika Anda ingin benar-benar mencoba berinvestasi dengan produk asuransi jiwa Anda, pahami benar setiap fitur, mekanisme dan manfaatnya. Sesering mungkin coba bandingkan dan cermati unit link antar asuransi jiwa yang ada karena seperti yang disebutkan di atas, produk unit link ini merupakan produk seumur hidup. Jadi jangan sampai salah pilih ya.

 

 

Sumber: dompetpintar.com

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.