Aspek Krusial Dalam Penghitungan Nilai Properti

By on 8 Agustus 2014 | Artikel ini Sudah di baca 4.063 kali
Properti-Indent

Investasi Properti – Sementara banyak faktor yang ikut bermain ketika Anda mengevaluasi perumahan nilai properti oleh “comps” (penjualan sebanding), tiga faktor utama adalah lokasi, ukuran (berapa meter  persegi) luas rumah tersebut  dan jumlah kamar tidur serta kamar mandi. Anda harus dapat melihat penjualan yang sebanding pasti melibatkan tiga faktor ini dalam bisnis properti dan mendapatkan ide yang baik dari nilai properti yang Anda jual.

Lokasi sangat penting ketika Anda membandingkan properti yang dijual. Seorang penilai profesional biasanya terlihat di rumah-rumah dalam radius satu mil atau kurang. Jika ada campuran macam sifat, seperti dalam subdivisi, Anda mungkin perlu keluar dari hal tersebut  untuk memperoleh penjualan yang sebanding. Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat Anda menentukan nilai suatu rumah, pastikan untuk mengevaluasi luas dalam persegi. Perhatikan bahwa penilai biasanya melihat rumah yang berada di dalam 20% ke atas atau bawah luas dalam persegi sebagai pembanding. Umumnya (terutama dalam sebuah pembagian ), kebanyakan rumah berada dalam kisaran ukuran yang cukup terbatas. Oleh karena itu, Anda harus dapat mengembangkan alat pengukur yang baik untuk penjualan harga rumah pada ukuran tertentu.

Jumlah kamar tidur dan kamar mandi adalah lebih relevan daripada hanya catatan luas dalam persegi. Sebagai contoh, tiga kamar tidur rumah dengan ukuran 4 meter persegi mungkin bernilai lebih dari dua kamar tidur rumah dengan ukuran 4 meter persegi. Hal ini juga berlaku jika kamar tidur dan kamar mandi terletak di lantai utama atau basement. Kamar tidur dan kamar mandi yang terletak di ruang bawah tanah tidak menambahkan nilai yang sama banyak daripada bila mereka berada di lantai utama. Meskipun ruang bawah tanah dapat menambahkan sejumlah nilai, jumlah nilainya tetap akan kurang dari ruang di atas tanah terutama yang ada di sekitar ruang tamu.

Selain itu, kualitas dan jumlah kamar tidur dan kamar mandi perlu dipertimbangkan ketika menggunakan comps / penjualan sebanding untuk menentukan nilai sebuah rumah. Tiga kamar tidur rumah umumnya adalah sebuah nilai plus besar atas rumah dengan dua kamar tidur, namun rumah dengan empat atau lima kamar tidur tidak menambahkan sebanyak lebih dari tiga kamar tidur bila kamar-kamar tersebut  kira-kira memiliki ukuran yang sama ketika kita mengkonversinya ke luas dalam persegi. Ketika membandingkan kamar mandi, pastikan Anda memahami berbagai jenis kamar mandi dan membandingkan jenis-jenis kamar mandi tersebut dengan benar. Sebuah kamar mandi lengkap termasuk shower, bak mandi, toilet dan wastafel dan menambah nilai lebih daripada kamar mandi yang ukurannya  tiga perempat atau setengah kali lipat lebih besar.

Ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan yang mempengaruhi nilai rumah, tapi umumnya faktor-faktor ini mengkontribusikan bobot  yang kurang dari lokasi, ukuran dan jumlah kamar tidur dan kamar mandi. Beberapa rumah memiliki garasi untuk satu mobil atau dua mobil, yang lain memiliki carports dan sebagian yang lain memiliki keduanya. Faktor garasi menunjang nilai properti, tergantung pada lingkungan di sekitar. Contohnya, jika lingkungan comps / penjualan sebanding semua memiliki garasi dua mobil, hal ini dapat mempengaruhi nilai sebanyak 10% dari subjek properti, sedang  jika hanya memiliki garasi satu mobil atau tidak ada garasi. Selain melihat properti dijual di daerah target Anda, Anda perlu melihat pada properti yang sedang dijual pula. Ini akan menyediakan Anda dengan gambaran di mana pasar lokal Anda sedang menuju ke atas atau bawah.

Perlu juga diingat bahwa jika strategi Anda adalah untuk flip properti (membeli dan menjual kembali), properti yang akan  dijual adalah persaingan langsung Anda dan dengan demikian akurasi harga menjadi sangat relevan. Misalnya, jika Anda menemukan properti yang telah dijual dengan harga Rp. 500.000.000 tetapi persediaan saat ini di pasar adalah properti dengan harga Rp. 480.000.000, maka harga permintaan persaingan Anda menjadi sama yang relevan, jika tidak lebih, seperti harga jual rumah lainnya.

Jika Anda berinvestasi di lingkungan yang sama, catatlah properti yang telah terjual, berada di bawah kontrak dan yang akan dijual di wilayah Anda. Manfaatkan agen Anda untuk memeriksa data setiap minggu atas iklan baru dan penawaran properti sehingga informasi Anda terus up to date. Semakin banyak informasi yang Anda miliki, nilai-nilai Anda akan lebih akurat!

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.