Asal Usul Reksa Dana Modern

By on 25 Juli 2014 | Artikel ini Sudah di baca 4.145 kali
investasi reksadana

Investasi Reksadana – Penyatuan pertama uang untuk investasi dilakukan pada tahun 1774. Setelah krisis keuangan 1772-1773, seorang saudagar Belanda Adriaan van Ketwich mengundang para investor untuk mendatangi pembentukan sebuah trust investasi. Tujuan dari trust adalah memperkecil risiko yang terlibat dalam investasi dengan memberikan diversifikasi yang lebih rendah kepada investor kecil. Dana yang telah terkumpul diinvestasikan di berbagai negara Eropa seperti Denmark, Austria dan Spanyol. Investasi terutama dalam obligasi dan ekuitas membentuk sebagian kecil saham. Trust tersebut dinamai Eendragt Maakt Magt, yang berarti Menciptakan Kekuatan Persatuan.

Reksa dana tersebut memiliki banyak fitur yang menarik investor antara lain:

  • Ada meyakinkan 4 % dividen, yang sedikit kurang dari harga rata-rata pada masa itu . Dengan demikian pendapatan bunga melebihi pembayaran yang diperlukan dan perbedaan itu dikonversi ke cadangan kas.
  • Cadangan kas ini digunakan untuk pensiun di mana beberapa saham setiap tahunnya sebesar 10% premium dan karenanya sisa saham memperoleh bunga yang lebih tinggi . Dengan demikian cadangan kas terus meningkat dari waktu ke waktu yang semakin mempercepat redemption saham.
  • Trust tersebut  harus dibubarkan pada akhir 25 tahun dan modal yang ada  harus dibagi di antara para investor yang masih tersisa.

Namun perang dengan Inggris menyebabkan banyak obligasi mengalami default. Karena penurunan pendapatan investas, redemption saham dihentikan pada tahun 1782 dan selanjutnya pembayaran bunga diturunkan pula. Reksa dana tersebut tak lagi menarik bagi para investor dan lama-kelamaan memudar.

Setelah berkembang di Eropa selama beberapa tahun, ide reksa dana sampai di negara  AS pada akhir abad ke sembilan belas. Pada tahun 1893, reksa dana closed end pertama dibentuk. Reksa dana tersebut bernama The Boston Personal Properti Trust.
The Alexander Fund di Philadelphia adalah langkah pertama menuju reksa dana open end. The Alexander Fund didirikan pada tahun 1907 dan memiliki masalah baru setiap enam bulan. Investor diperbolehkan untuk melakukan pencairan.
Reksa dana open-end pertama yang benar adalah Massachusetts Investor Trust of Boston. Dibentuk pada tahun 1924 , dan go public pada tahun 1928. Di tahun 1928 juga tercatat munculnya reksa dana perimbangan pertama Wellington Fund yang berinvestasi dalam saham dan obligasi.

Konsep reksa dana Indeks berbasis diberikan oleh John McQuown dan William Fouse dari Wells Fargo Bank pada tahun 1971. Berdasarkan konsep mereka, John Bogle meluncurkan reksa dana Indeks ritel pertama pada tahun 1976. Reksa dana indeks ritel tersebut adalah trust investasi Indeks pertama. Hal ini sekarang dikenal sebagai Index 500 Vanguard Fund. Terdapat 100 miliar dolar dalam aset pada November 2000 dan menjadi reksa dana terbesar di dunia.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.